web analytics
  

Ada Transaksi Ada Pajak

Senin, 7 September 2015 18:16 WIB
Umum - Regional, Ada Transaksi Ada Pajak, pajak, tansaksi, kota bandung, bayar pajak, disyanjak,

ilustrasi

Bandung- Ada sistem baru yang akan diterapkan pemerintah Kota Bandung dalam menarik pajak, caranya? Jadi semua yang sudah melakkukan transaksi akan langsung dikenai biaya pajak, berebda dengan sistem sebelumnya yang biaya pajaknya disesuaikan dengan perizinan.

"Sehingga Kalau ternyata ada restoran yang belum punya izin, namun sudah beroperasi tetap bisa kota tarik pajaknya," ujar Kepala Dinas Pelayanan Pajak(Disyanjak) Kota Bandung Priana Wirasaputra saat jumpa wartawan di  Balai Kota, Senin(7/9/2015).

Priana mengatakan dengan ditariknya pajak restoran berdasarkan izin, pihaknya tidak bisa maksimal menarik pajak.  Hal tersebut diduga karena masih banyak pengusaha yang belum memiliki NPWP,sehingga tidak bisa ditarip pajaknya.

"Belum lagi ditambah banyak pengusaha yang sudah punya NPWP. Namun, belum membayar kewajibannya," tambah Priana.

Namun, sejak Kota Bandung punya perwal (peraturan walikota) tentang pajak daerah kini pungutan pajak resto bisa diambil berdasarkan transaksi.

"Sebenarnya pengusaha tidak usah tidak membayarkan pajak restoran. Karena pajak ini merupakan pajak titipan, yang dipungut dari konsumen," tambahnya.

Dengan perubahan peraturaan ini, diharapkan bisa mendongkrak pendapatan pajak daerah. Mengingat ada beberapa pajak yang sekarang pemasukannya tidak bisa dimaksimalkan. “Seperti pajak reklame, yang sekarang ada moratorium,” katanya.(anjani)

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers