web analytics
  

Bandung Akan Punya Perda HAM

Sabtu, 29 Agustus 2015 10:11 WIB
Umum - Regional, Bandung Akan Punya Perda HAM, HAM, Kota Bandung, Perda

Ilustrasi

 

Bandung- Sebagai kota yang dipilih oleh Foundation For International Human Rights Reporting Standard (FIRST) sebagai Kota Layak HAM. Kota Bandung mulai persiapkan perangkatnya, salah satunya Peraturan Daerah(Perda) mengenai Hak Asasi Manusia(HAM).

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil(Emil).”Pembuatan Perda baru ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Bandung. Kita ingin mengawali agar penghargaan terhadap Hak Asasi Manusia ini bisa diregulasi secara detil," ujarnya.

Dijelaskannya Perda HAM yang akan dibuat di Kota Bandung akan menjadi sebuah contoh bagi kota-kota lainya yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional 3. Ridwan Kamil sendiri sekarang menjabat sebagai Ketua Apeksi Regional 3.

"Bandung akan menjadi kota pertama yang melindungi hak asasi manusia di regulasi hukum lokalnya. Sedang disiapkan kajian dan Prolegdanya, mudah-mudahan semester pertama tahun depan kita akan proses," kata Emil.

Ia berharap ketika terjadi pelanggaran HAM di Kota Bandung, Perda tersebut bisa dijadikan patokan hukum.

"Selama ini konsep HAM itu adalah perjanjian tidak tertulis. Sehingga nanti ketika ada masalah HAM, kita tidak berdebat etika. Tapi berdebat ke basis dokumen hukum. Misalkan ada yang melarang perayaan agama tertentu akan ada ketegasan," tutur Emil

Untuk instrumen penegakan Perda HAM, rencananya Ridwan Kamil tidak akan membuat petugas khusus ataupun melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) seperti penegakkan Perda lainnya. Perda HAM ini akan melibatkan partisipasi masyarakat sebagai instrumen penegakannya dengan dikawal oleh standar internasional hak asasi manusia.

"Perda HAM ini partisipatorik bukan perangkat hukum yang instrumen pengakkannya di pemerintah. Istilahnya kota HAM akuntable yang dimonitor dengan metodologi internasional," tambahnya,

Sebagai pemimpin Apeksi regional 3, dia juga akan mengajak 25 kota lainnya di regional 3 untuk menjadi Kota layak HAM serta membuat Perda HAM.

Sementara itu, Marzuki Darusman yang merupakan Pendiri FIRST mengatakan, pihaknya akan membantu Pemerintah Kota Bandung dalam pembuatan Perda tentang HAM.

"Semakin disadari bahwa pengakkan HAM akan jauh lebih nyata kalau dilakukan di tingkat kota," ucap Marzuki

Pencanangan kota-kota layak HAM ini, adalah untuk memastikan manusia yang tinggal di perkotaan bisa hidup dalam suasana aman dan nyaman.

"Melalui Perda dan didukung perangkat pemerintahan maka hubungan pemerintah dengan warganya semakin dekat dan bisa mendorong satu sama lain," kata MarzukiUntuk itu, Negara Bagian Niedersachsen sangat terbuka dengan ketertarikan generasi muda Indonesia yang juga dikenal memiliki reputasi yang sangat baik di bidang teknologi informasi.(anjani)

  

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers