web analytics
  

Gubernur Ngaku Belanja Jabar Lebih Banyak Pakai Rupiah

Rabu, 26 Agustus 2015 18:18 WIB
Umum - Regional, Gubernur Ngaku Belanja Jabar Lebih Banyak Pakai Rupiah, rupiah, jabar, gubernur jabar, ahmad heryawan, aher, dolar

ilustrasi

 

Bandung- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan(Aher) mengaku jika belanja di APBD lebih banyak menggunakan barang lokal, sehingga meskipun nilai tukar rupiah terus melemah Aher mengaku tak akan menghambat pembangunan Jabar.

“Komponen belanja Pemprov Jabar dari APBD Jabar lebih banyak yang berasal dari dalam negeri. Belanja APBD Jabar itu kebanyakan pakai rupiah, sehingga nggak ada persoalan," kata Heryawan, Rabu (26/8/2015).

Oleh karenanya, Heryawan menyatakan, pihaknya belum akan melakukan revisi terhadap APBD 2015. Dia pun berharap tidak perlu ada revisi dan penyesuaian anggaran dengan terus melemahnya rupiah.

Terutama dijelaskan Aher jika saat ini ada peningkatan serapan APBD Jabar 2015 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Saat ini serapannya sudah mencapai 36 persen dan akan terus meningkat sesuai instruksi Presiden Jokowi  agar pemerintah mempercepat penyerapan anggaran. Selama ini ada ketakutan,  tapi insya Alloh kita akan segera mempercepat belanja APBD provinsi dan kabupaten kota, karena itu akan mendongkrak kekuatan ekonomi Jabar dan nasional," ucapnya.

Selain itu, Aher meminta masyarakat agar tidak panik dalam menyikapi pelemahan rupiah ini. Menurutnya, berdasarkan pernyataan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perekonomian, BPS, dan Bank Indonesia, kondisi perekonomian saat ini tidak akan mengakibatkan krisis moneter seperti yang terjadi pada 1998 silam.

Keyakinan ini didasari beberapa hal, seperti masih kuatnya cadangan devisa. Cadangan devisa negara per Juli 2015 mencapai 107 miliar dollar Amerika. "Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan impor selama tujuh bulan," katanya.(*/yatti)

 

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers