web analytics
  

Nasi Ayam yang Tidak Banyak Bumbu

Rabu, 26 Agustus 2015 15:32 WIB Editor Ayobandung
Gaya Hidup - Kuliner, Nasi Ayam yang Tidak Banyak Bumbu, kuliner, nasi, hainan

Nasi Hainan (steamykitchen.com)

BANDUNG- Jika biasanya orang Indonesia sarapan dengan menyantap nasi kuning, warga Tiongkok lebih memilih sarapan dengan nasi hainan.

Apa sebenarnya nasi hainan? Nasi Hainan adalah nasi yang berasal dari daerah Nam di Tiongkok, yang dimasak dengan menggunakan kuah kaldu dan ditambahkan bawang putih, saus tiram, dan kecap asin, dan di campur mentega. Dengan bahan-bahan campuran tersebut, tidak heran jika nasi hainan memiliki rasa yang sangat gurih.

Bukan hanya itu, nasi hainan biasanya juga disajikan bersama ayam rebus, yang dimasak dengan menggunakan sereh, garam, bawang putih, dan kapulaga. Penggunaan bahan-bahan tersebut bukan untuk perasa, tetapi lebih kepada untuk menghilangkan bau amis pada ayam, karena rasa dan aroma lebih difokuskan pada nasi.

Hampir sama seperti kuliner khas Tiongkok lain, nasi hainan pun kental dengan aroma jahe yang pekat. Sedikit pedas dan hangat. Ada juga sentuhan gurihnya bawang putih yang menjadi bumbu utama dalam setiap masakan.

Salah seorang penggemar masakan Tiongkok, Andra, 27 tahun, mengaku sangat menyukai nasi hainan. Rasanya gurih dan aromanya harum, membuat ibu rumah tangga ini kerap mencicipi nasi hainan di berbagai tempat.

“Salah satu nasi hainan yang saya ada di Pokatiam,” katanya.

Sebagai penggemar masakan Tiongkok, Andra mengaku sangat ingin mencoba membuatnya. Terlebih, dia mendapatkan banyak informasi, bahwa nasi hainan adalah salah satu makanan yang proses pembuatannya cukup mudah.

“Mayoritas masakan Tiongkok memang cukup mudah dibuat. Tidak perlu banyak bumbu kayak makanan Indonesia. Termasuk nasi hainan,” imbuhnya.

Menikmati hidangan yang satu ini bisa dilakukan kapapun. Di negeri asalnya, nasi hainan sama seperti ketoprak dan gado-gado, yang bisa disantap setiap saat. Termasuk menjadikannya sebagai menu sarapan.

Untuk menemukan nasi hainan di Bandung pun bukan hal yang sulit. Tinggal datang ke restoran yang menyajikan makanan khas Tiongkok. Seperti di Pokatiam yang berlokasi di Jalan Pasirkaliki.

Terkadang nasi hainan pun muncul dalam menu restoran lain, seperti restoran Italia, sebut saja Azzura yang terletak di Paris Van Java (PVJ) Mall, Jalan Sukajadi.

Rasa yang ditawarkan oleh setiap tempat pun sebenarnya nyaris serupa. Begitu pula dengan aromanya. Hanya presentasi dari masing-masing chef lah yang membuat tampilan dari nasi hainan ini berbeda. (Mega)

Editor: Editor Ayobandung

artikel terkait

dewanpers