web analytics
  

57.000 Bangunan di Bandung Rentan Terbakar

Rabu, 26 Agustus 2015 15:21 WIB
Umum - Regional, 57.000 Bangunan di Bandung Rentan Terbakar, kebakaran, bangunan, bandung, rawan, APAR

ilustrasi (danny/ayobandung)

 

Bandung- Sebanyak 57.000 bangunan di Kota Bandung rentan terbakar hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran(DPPK) Kota Bandung Ferdi Ligaswara. Menurut Ferdi, bangunan-bangunan tersebut dinyatakan rentan potensi kebakaran dikarenakan tidak tersedia alat pemadam api ringan (APAR) di sekitarnya.

"Rumahnya itu berdempetan dan padat penduduk, selain itu tidak dilengkapi proteksi kebakaran," kata Ferdi, Rabu(26/8/2015)

Oleh karena itu, Ferdi mengimbau kepada warga Kota Bandung setidaknya memiliki satu APAR di rumah masing-masing untuk penanganan awal kebakaran. Menyediakan APAR di rumah, sangat penting karena penyebab kebakaran bisa terjadi darimana saja. Satu tabung APAR sendiri memiliki harga berkisar 400 ribu rupiah.

Uang yang dikeluarkan untuk membeli APAR dipastikan tidak akan sebesar kerugian yang diderita apabila terjadi kebakaran. "Saat ini status Kota Bandung masih tetap siaga satu kebakaran," jelas Ferdi

Dikatakannya, banyaknya bangunan yang rentan potensi kebakaran membuat pihaknya memiliki khawatir tidak mampu mengatasi. Karena dari 262 hidran yang ada di Kota Bandung hanya 4 hidran yang masih bisa menyuplai air.

"Banyak yang tidak berfungsi karena orang-orang terlalu kreatif, kuningannya dicopot," kata Ferdi.

Untuk mengatasinya, setiap kecamatan juga diminta untuk membuat tandon-tandon air yang bisa dimanfaatkan untuk menampung air ketika hujan dan menjadi cadangan air ketika kemarau.

"Ukurannya berbeda tiap daerah. Luasnya minimal 2X3 dan kedalaman 3 meter dengan kapasitas 5.000 sampai 10.000 liter," ujar Ferdi.(anjani)

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers