web analytics
  

Nasi Uduk Warga Melayu

Selasa, 25 Agustus 2015 18:43 WIB Editor Ayobandung
Gaya Hidup - Kuliner, Nasi Uduk Warga Melayu, nasi, lemak, kuliner

Nasi Lemak (www.kuali.com)


Bandung- Sebagai makanan pokok, nasi memang dikenal diseluruh pelosok benua Asia. Tidak heran jika kuliner khas Malaysia dan Singapura yang berbahan dasar nasi pun mulai banyak diperkenalkan di Indonesia, termasuk Bandung.

Salah satu kuliner Malaysia dan Singapura yang kini banyak ditawarkan di cafe maupun restoran di berbagai sudut Kota Bandung adalah Nasi Lemak.

Bagi yang belum mengetahui Nasi Lemak, nasi ini hampir mirip dengan Nasi Uduk, yang kerap dijual dipinggir jalan sebagai menu sarapan. Dan sama halnya dengan Nasi Uduk, warga Malaysia dan Singapura pun menjadikan Nasi Lemak sebagai salah satu menu sarapan.

Nasi lemak sendiri merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa, sebagai penambah rasa gurih. Bahkan di beberapa tempat, Nasi Lemak pun ditambahkan daun pandan untuk menambah aroma wanginya.

Sebagai pendampingnya, biasanya terdapat telur, timun, teri goreng, dan sambal. Tetapi, sekarang tidak sedikit juga yang menggunakan berbagai lauk seperti daging, ayam, sotong, udang, limpa, dan hati, sebagai menu pendamping Nasi Lemak.

Salah satu cafe di Bandung yang menawarkan Nasi Lemak adalah People's Kitchen yang berlokasi di Trans Studio Mall (TSM), Jalan Gatot Subroto (Gatsu). Meskipun mengadaptasi kuliner melayu, namun ada sedikit perbedaan dengan Nasi Lemak yang terdapat di People's Kitchen.

Jika di tempat asalnya, Nasi Lemak dimasak dengan menggunakan santan kelapa, di sini nasi dimasak dengan menggunakan kaldu sapi dan berbagai rempah. Sebagai pendamping, disusung ayam tandori yang mengadopsi menu dari India.

Selain di People's Kitchen, Nasi Lemak juga bisa ditemukan di Pokatiam yang berlokasi di Jalan Pasirkaliki dan Katja Piring di kawasan Paris Van Java (PVJ) Mall, Jalan Sukajadi. (Mega)

Editor: Editor Ayobandung

artikel terkait

dewanpers