web analytics
  

4 Daerah Ini Sumbang Kelebihan Tomat di Jabar Hingga 9.000 Ton

Senin, 24 Agustus 2015 11:38 WIB
Umum - Regional, 4 Daerah Ini Sumbang Kelebihan Tomat di Jabar Hingga 9.000 Ton, tomat, kementan, jabar, kab bandung, cianjur, garut, mentan Amran sulaeman

ilustrasi (http://seemnemaailm.ee/)

Jakarta- Menteri Pertanian(Mentan) Amran Sulaiman, mengatakan Jawa Barat (Jabar) mengalami kelebihan produksi tomat sebanyak 9.000 ton pada Agustus 2015. Dan ini disumbangkan dari empat daerah di Jabar.

"Ada 'over supply' (kelebihan produksi) di Jawa Barat sekitar 9.000-an ton bulan ini (Agustus 2015), karena ada tambah tanam hampir 360-an hektare," katanya usai mengunjungi bazar produk pertanian, Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin(24/8/2015).

Ia mengatakan daerah di Jawa Barat yang menyumbang kelebihan produksi tomat antara lain Garut, Sukabumi, Cianjur dan Kabupaten Bandung.

Ia mengatakan kelebihan produksi tomat tersebut seharusnya dapat diolah menjadi produk lain sehingga memberikan nilai tambah.

Dengan demikian, petani tidak akan merugi jika memiliki kelebihan produksi melainkan dapat menjualnya menjadi produk olahan.

Apalagi tomat cepat mengalami pembusukan. Oleh karena itu, petani harus memiliki alternatif lain untuk mengolahnya menjadi makanan, misalnya seperti manisan atau kurma tomat.  "Artinya kan tidak ada masalah dengan tomat yang produksi lebih," ujarnya.

Ia mengatakan ke depan pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi terhadap pengolahan tomat menjadi produk olahan yang bernilai tambah.(*)

 

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers