web analytics
  

Balai Kota Bandung di Gedebage akan Lebih dari 10 Lantai

Kamis, 20 Agustus 2015 15:11 WIB
Umum - Regional, Balai Kota Bandung di Gedebage akan Lebih dari 10 Lantai, pemkot bandung, balaikota bandung, gedebage, lantai 10

Balai Kota Bandung (http://www.bandung.go.id)

 

 

Bandung- Rencana pembangunan untuk kantor Pemerintahan Kota Bandung di kawasan Gedebage rencananya akan dibangun lebih dari 10 lantai. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) Kota Bandung Kamalia Purbani, Kamis(20/8/2015).   

"Kita belum tahu persis akan dibangun berapa lantai. Tapi pastinya lebih tinggi dari sepuluh lantai, tapi tidak lebih dari 20 lantai," ujarnya.

Lia mengatakan, Wali Kota Bandung sudah membuat rancangan bangunan yang akan digunakan dan sudah di ekspose secara internal. Namun, belum belum dibicarakan secara detail.

Rencananya, di perkantoran baru itu akan digunakan oleh beberapa SKPD, meski demikian dikatakan Lia tidak semua kantor SKPD bisa pindah ke sana, bergantung urgensinya saja.

"Kita sedang analisa kantor-kantor mana saja yang bisa pindah ke sana. Kalau kantor yang memang bersentuhan dengan masyarakat terkait pelayanan, mungkin memang tidak bisa pindah ke sana," papar Lia.

Seperti misalnya kantor dinas penanggulangan dan pencegahan kebakaran, harus berada di tengah kota agar akses menuju ke semua lokasi kebakaran lebih cepat.

Demikian juga dengan kantor pelayanan pajak, akan lebih baik jika tetap di tengah kota.

Menurut Lia, lahan yang diperlukan untuk membangun pusat perkantoran pemkot sekitar delapan hektare. Kini penyediaan lahan tengah diusahakan dengan rencana menukar aset dengan Kementrian agama.

"Karena lahan yang akan kita gunakan lahan milikk UIN (Universitas Islam Neger Sunan Gunuggjati,red). Jadi karena mereka juga akan melakukan perluasan, ya mungkin akan kita tukar dengan aset kita di tempat lain," tambahnya.

Di pusat Kota Bandung sendiri rencananya akan dijadikan pusat heritage jika memungkinkan beberapa bangunan akan dijadikan museum.

"Bangunan bekas Balai Kota sekarang, bisa juga digunakan sebagai pusat riset dan penelitian,"katanya.

Menurut rencana, hingga akhir masa jabatan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, bangunan sudah selesai, atau minimal ada progres kongkter. Meski demikian, Lia mengaku tidak mudah mewujudkan rencana itu.

"Karena membangun bangunan di kawasan Gedebage bukan halyang mudah. Mengingat tanah. Di lahan tersebut sangat lembek, sehingga membutuhkan waktu lebih untuk pemasangan lahan," terangnya.

Bahkan, lanjut Lia, untuk membangun fondasi saja diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu tahun, dengan kedalaman fondasi sekitar 40 meter.

"Satu tahun itu baru perkiraan saya. Persisnya saya juga tidak tahu. Tapi ya intinya memang perlu waktu tidak sedikit," tandasnya.(anjani)

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers