web analytics
  

Kopi Indonesia, Kopi Ramah Lambung

Jumat, 7 Agustus 2015 13:27 WIB Mega Anggraeni
Gaya Hidup - Wisata, Kopi Indonesia, Kopi Ramah Lambung, kopi, jos, ramah, lambung

BARA: Arang yang sudah menjadi bara dimasukkan dalam gelas kopi, adalah teknik pembuatan kopi jos. (blog.hulaa.com)

Bandung- Italia punya espresso, Jepang punya cold brew, Amerika punya aeropress, Indonesia punya kopi jos. Sebenarnya apa itu kopi jos?

Kopi Jos merupakan kopi tradisional Indonesia dengan teknik pengolahan yang agak unik.

 Cara pembuatan kopi jos nyaris sama dengan kopi lainnya, yakni bubuk kopi diseduh bersama gula dan air panas. Yang membedakan kopi jos dengan kopi lainnya, adalah sebuah arang panas akan dimasukkan dalam gelar atau cangkir kopi, hingga menimbulkan suara ‘josss’.

Selain tekniknya yang unik, kopi jos juga digemari lantaran diakui berkhasiat. Konon, kopi ini bisa mengusir masuk angin dan perut kembung. Arang yang dimasukan ke dalam kopi pun ternyata mampu menyerap kafein yang terkandung di dalam kopi, sehingga tingkat keasaman kopi pun bisa berkurang.

Sajian kopi macam ini, biasanya banyak ditemukan di warung atau kedai makan seperti Angkringan Jogjakarta yang salah satunya terletak di kawasan Gelap Nyawang, dan sebuah warung kue balok di kawasan Cihapit.

Di Angkringan Mas Jo, kopi jos menjadi salah satu menu wajib. Di tempat yang buka sekitar pukul 17.00 WIB, Mas Jo menawarkan kopi yang terbuat dari campuran kopi Jawa.

“Setelah arang sudah jadi bara, dimasukan ke dalam kopi tadi langsung di depan pemesan. Sehingga ia bisa melihat langsung proses jos-nya,” ujar Mas Jo.

Menurut Mas Jo, dengan memasukkan arang ke dalam kopi, membuat rasa kopi jadi lebih lembut. Sehingga, minuman ini masih bisa dinikmati oleh pecinta kopi yang juga menderita penyakit maag.

Kopi ini bisa jadi pilihan. Karena tidak akan bikin lambung sakit,” kata pria yang membuka angkringan di Jalan Gelap Nyawang dan di Jalan Terusan Buah Batu ini.

Selain di Angkringan Mas Jo, kopi jos juga bisa ditemukan di kawasan Cihapit, yakni di Kue Balok Mang Uju. Berbeda dengan Angkringan Mas Jo, Mang Uju membuat Kopi Jos dengan menggunakan kopi Lampung, yang bisa dipilih antara arabika dan robusta.

Kopi ini juga bisa menjadi teman untuk menyantap kue balok di warung yang buka sejak pukul 06.00 hingga pukul 24.00 WIB. (Mega)

Editor: Mega Anggraeni

artikel terkait

dewanpers