web analytics
  

Emil Pilih Biodigester untuk PLTSa

Selasa, 4 Agustus 2015 09:14 WIB Yatti Chahyati
Gaya Hidup - Komunitas, Emil Pilih Biodigester untuk PLTSa, biodigester, sampah, PLTSa, emil, ridwan kamil,bandung, sosialisasi

BIODIGESTER: Salah satu biodigester di German yang banyak di gunakan di sektor pertanian. (https://upload.wikimedia.org)

 

Bandung- Saat ini Pemkot Bandung tengah mengkaji teknologi baru untuk pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa). Pilihan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk pengolahan sampah itu yakni dengan tengnologi Biodigester.

Untuk programnya itu Emil sapaan akrabnya tengah melakukan sosialisasikan kepada DPRD kota Bandung prihal teknologi yang akan dipakai untuk PLTSa, sebelumnya pemerintah Kota Bandung telah memakai teknologi insinerator yaitu teknologi pembakaran sampah menjadi listrik.

"Yang menjadi perdebatan di PLTSa itu perdebatan teknologi, sekarang ada teknologi baru yang bukan insinerator namanya biodigester" ujar orang nomor satu di Kota Bandung ini.‎

Biodigester sendiri selama ini diketahui hanya dapat dioperasikan untuk sekala kecil namun di German ternyata teknologi Biodigester ini dapat dioperasikan skala kota yang bisa membakar seluruh sampah tanpa dipilah-pilah.

"Mengganti inseneratornya sama biodigester ini menghasilkan listrik atau gas tanpa membakar jadi ga ada polusi sama sekali" jelasnya

Teknologi Biodigester diharapkan akan menjadi solusi dari permasalahan sampah di Kota Bandung karena dapat menghasilkan gas atau listrik tanpa membakar jadi tidak perlu khawatir dengan adanya polusi udara.

"Kalo ini ada apalagi yang harus di khawatirkan. mudah mudahan karna teknologinya sedang bersosialisai di DPRD nanti kita sosialisasikan pada masyarakat" harapnya.(anjani)

 

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers