web analytics
  

Penutup Ramadan Mari Betulkan Arah Kiblat

Rabu, 15 Juli 2015 16:41 WIB
Umum - Regional, Penutup Ramadan Mari Betulkan Arah Kiblat, ramadan, arah kiblat, matahari, puncak

ilustrasi (https://pleisbilongtumi.files.wordpress.com)

 

Ramadan ini akan menjadi sangat spesial khususnya pada penutup ramadan nanti, pasalnya pada 30 ramadan menurut perhitungan matahari akan berada tepat di atas Ka'bah. Artinya saatnya untuk kita semua membetulkan arah kiblat kita.

Jika 1 syawal akan jatuh pada haru Jumat(17/7/2015) nanti, maka Kamis (16/7/2015) akan menjadi hari terakhir Ramadan dan pada tanggal itu matahari akan tepat berada di atas Ka'bah.

Peneliti di Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rukman Nugraha, seperti dikutip dari National geographic menyebutkan jika peristiwa itu menjadi momen yang tepat bagi umat muslim di Indonesia untuk menyesuaikan arah kiblat.

Menurutnya peristiwa tahunan itu adalah efek dari gerak semu tahunan Matahari, dari ekuator menuju 23,5 derajat Lintang Utara dan berbalik lagi ke 23,5 derajat Lintang Selatan.

“Ka'bah sendiri berada di 21,25 derajat Lintang Utara. Jadi, wilayah Ka'bah selalu dilewati Matahari dalam pergerakan menuju titik balik utara serta titik balik selatannya, dua kali dalam setahun. (Tahun ini) waktunya adalah 28 Mei, yaitu saat Matahari bergerak ke titik balik Utara, dan 16 Juli, saat Matahari bergerak kembali ke arah Selatan dari titik balik utaranya," kata Rukman.

Dijelaskannya, peristiwa Matahari berada tepat di atas Ka'bah bisa menjadi momen tepat untuk menyempurnakan arah kiblat sebab arah bayangan benda tegak (misal tongkat atau tiang) yang terbentuk saat itu bisa menjadi petunjuk arah kiblat.

"Karena saat kita menarik garis dari titik ujung bayangan ke pangkal benda tegak tersebut, maka itulah arah kiblat yang tepat," jelasnya.

Syarat utama untuk dapat melakukan penyesuaian arah kiblat adalah matahari masih bersinar alias hari masih terang. Lusa, matahari akan berada di atas Ka'bah pada pukul 16.27 WIB. Jadi, hanya warga Indonesia barat saja yang bisa menyesuaikan arah kiblat pada hari itu.

Saat  matahari di atas Ka'bah pada lusa, wilayah Indonesia Tengah sudah senja dan di Indonesia Timur Matahari sudah tenggelam.(*)

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers