web analytics
  

Siapa Juara Copa America 2015, Argentina atau Chile

Jumat, 3 Juli 2015 23:03 WIB
Persib - Maung Bandung, Siapa Juara Copa America 2015, Argentina atau Chile, chile, argentina, copa america 2015, final, messi, trofi, santiago

ilustrasi (http://www.footballlens.com)

 

Final Copa America yang akan di gelar Sabtu ini akan menjadi sejarah bagi kedua tim yang bertanding yakni Chile v Argentina. Keduanya memiliki keinginan yang cukup besar untuk memboyong trofi Copa itu kenegara masing-masing dari Santiago, Minggu(5/7/2015) dini hari.

Ini memang menjadi kesempatan emas Chili karena penantian panjang mereka akhirnya berlabuh di babak final dukungan suporter tentu menjadi kekuatan besar bagi mereka untuk memboyong trofi Copa Amerika 2015. Namun bagi skuad Argentina yang diperkuat pemain dunia Messi  menjadi pembuktian reputasi bagi Argentina untuk membuktikan mereka terbaik di benuanya.

 Bukan tanpa pemain bintang Chile sebetulnyamemiliki pemain kelas atas bahkan tulang punggung tim unggul di beberapa klub terbesar di Eropa - Barcelona Claudio Bravo, Juventus Arturo Vidal dan Alexis Sánchez Arsenal. Tapi, sementara trio yang telah berpengaruh, keberhasilan Chile, dan khususnya yang lari ke final Copa America, telah membantu secara besar-besaran oleh pemain dari reputasi yang lebih rendah menghasilkan yang terbaik dalam warna negara mereka.

Memang sebelumnya dua dari para pemain Chile, Mauricio Isla, yang telah tampil sedikit untuk Juventus sejak bergabung dengan mereka pada tahun 2012 dan menghabiskan musim lalu terdegradasi dari Liga Premier saat dipinjamkan Queens Park Rangers, ia mencetak satu-satunya gol di perempat final tegang dengan Uruguay. Dan kemudian musim lalu rekan setimnya, yang telah dipinjamkan berulang kali oleh Napoli, Eduardo Vargas, menyelamatkan Chili penakut dengan dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Peru semifinal .

Sebaliknya, tim Argentina yang bertabur bintang memang menjadi tugas berat bagi pelatih Gerardo Martino untuk mencoba dan memaksimalkan para bintang lapangan di timnya. Meskipun menampilkan tim yang berisi Lionel Messi, Sergio Agüero, Ángel di María dan Javier Pastore, dan Gonzalo Higuain dengan, Carlos Tevez dan Ever Banega di antara mereka justru banyak tersingkir dari lapangan dan Argentina hanya mencetak empat gol melalui empat pertandingan pertama.

Namun memang di perempat final ketika berhadapan dengan Kolombia Argentina seperti kewalahan bahkan berakhir tanpa gol setelah 90 menit pertandingan. Messi memang masih mengenakan masterclass playmaking, membantu tiga gol dan berperan dalam tiga lainnya, Pastore didukung musim baik di Paris Saint-Germain sementara Di Maria menempatkan celaka pertama musim di Manchester United di belakangnya dengan dua gol saat Argentina mengalahkan Paraguay 6-1 .

Mereka memang ingin mengulangi keunggulannya ketika melawan Chile. Memiliki pengalaman hingga final Piala Dunia dan kehilangan tahun lalu dari Jerman akan menjadi pembuktian baru bagi Argentina bahwa mereka mampu memboyong satu trofi.

 Messi sendiri mengaku akan memberikan segalanya untuk memenangkan Copa America ini. Tapi untuk Chile, juga, kesempatan untuk mengatasi sejarah dekat-misses, termasuk empat Copa America kekalahan akhir, yang dipertaruhkan. Di Estadio Nacional, Sabtu, sesuatu yang harus memberikan.

Dari sudut pandang fisik, kedua tim memiliki senjata menyerang pertahanan yang telah menunjukkan tanda-tanda kerentanan. Pasalanya Chile memiliki lubang dilini belakang yang bisa saja dimanfaatkan oleh Argentina. Namun, Chile telah bermain dengan rasa takdir dan keinginan untuk menang. Siapakah yang mampu menjawab tantangan itu Argentina atau Chile kita tunggu saja hasilnya 5 Juli 2015 ini. (yatti)

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati
dewanpers