web analytics
  

Bank bjb Dukung Pembiayaan Dua Mega Proyek Tol

Selasa, 16 Juni 2015 17:42 WIB
Umum - Regional, Bank bjb Dukung Pembiayaan Dua Mega Proyek Tol, bank bjb,tpl terpanjang, cikanti, palimanan, jabar,

DUKUNG: Direktur Utama Bank bjb Ahmad Irfan mengatakan bjb menjadi bank pendukung pembangunan dua mega proyek tol.(danny/ayobandung)

 

Bandung- Sebagai bentuk komitmen bank bjb dalam mendukung pengembangan infrastruktur daerah dan nasional, bank bjb telah bekerjasama dengan beberapa operator jalan tol dan pihak perbankan lainnya melalui pemberian fasilitas kredit sindikasi diantaranya kepada 2 (dua) operator jalan tol yaitu PT.Lintas Marga Sedaya untuk proyek jalan tol Cikampek – Palimanan dan PT.Jasamarga Pandaan Tol yang merupakan salah satu anak usaha PT.Jasa Marga (Persero) Tbk untuk proyek jalan tol Gempol-Pandaan.

Jalan tol Cikampek-Palimanan sendiri telah diresmikan Sabtu(13/6/2015) langsung oleh Presiden Republik Indonesia(Joko Widodo), yang juga dihadiri Gubernur Jawa Barat(Ahmad Heryawan), Menteri PU & Perumahan Rakyat RI (Basuki Hadimuljono), Direktur Utama bank bjb (Ahmad Irfan) dan Direksi bank peserta sindikasi lainnya beserta jajarannya.

“Dukungan pembiayaan bank bjb dalam proyek jalan tol Cikampek-Palimanan ini merupakan salah satu komitmen bank bjb dalam pengembangan infrastruktur guna meningkatkan perekonomian di daerah, khususnya provinsi Jawa Barat” ujar Ahmad Irfan, Selasa(16/6/2015). Dijelaskannya, dalam hal ini bank bjb merupakan salah satu Joint Mandated Lead Arranger dalam pembiayaan proyek jalan tol Cikampek-Palimanan yang diikuti oleh 20 bank peserta sindikas

Proyek jalan tol tersebut memiliki peran strategis dalam menghubungkan jalur trans Jawa untuk menunjang jalur distribusi dan logistik di Pulau Jawa dan dengan beroperasinya jalur tol tersebut diharapkan dapat memecah kemacetan di Jalur Pantai Utara(Pantura), terlebih lagi pada saat momen liburan dan Lebaran. Jalan tol Cikampek-Palimanan merupakan ruas terpanjang dari jalur trans jawa dengan panjang 116,75 km dan terbagi dalam 6 seksi.

Fasilitas kredit sindikasi proyek jalan tol Cikampek – Palimanan ini total sebesar Rp 8,8 triliun dan bank bjb memiliki porsi komitmen pembiayaan sebesar Rp 800 miliar. Pembiayaan tersebut ditujukan untuk pembangunan proyek jalan tol Cikampek-Palimanan dengan jangka waktu fasilitas kredit sampai dengan tahun 2027.

Sedangkan peresmian jalan tol Gempol-Pandaan telah dilaksanakan satu hari sebelumnya(12/06/2015), juga oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan turut dihadiri Menteri PU & Perumahan Rakyat RI (Basuki Hadimuljono), Direktur Komersial bank bjb (Suartini) dan Direksi bank peserta sindikasi lainnya. Pada proyek jalan tol Gempol-Pandaan, bank bjb juga merupakan salah satu kreditur dalam pembiayaan proyek jalan tol tersebut beserta 4 bank peserta sindikasi lainnya.

Proyek jalan tol Gempol-Pandaan memiliki peran strategis dalam menghubungkan kota Surabaya, kabupaten Pasuruan dan kota Malang untuk menunjang jalur distribusi dan logistik di Jawa Timur.  Jalan tol Gempol - Pandaan memiliki panjang 13.61 km dan akan dioperasikan oleh PT.Jasamarga Pandaan Tol yang merupakan salah satu anak usaha PT.Jasa Marga (Persero) Tbk.

Fasilitas kredit sindikasi proyek jalan tol Gempol - Pandaan ini total sebesar Rp 817 miliar dimana bank bjb memiliki porsi komitmen pembiayaan sebesar Rp 100 miliar. Pembiayaan tersebut ditujukan untuk pembangunan proyek jalan tol Gempol - Pandaan dengan jangka waktu fasilitas kredit sampai dengan tahun 2027.

Hal ini mencerminkan komitmen bank bjb untuk terus mendukung kebijakan Pemerintah dalam rangka pengembangan infrastruktur di Indonesia dan provinsi Jawa Barat & Banten khususnya serta untuk meningkatkan perekonomian daerah. Bank bjb juga telah membentuk Grup tersendiri yang difokuskan untuk meningkatkan kerja sama dengan BUMN ataupun korporasi swasta dan anak-anak perusahaannya baik dari sisi funding maupun lending serta layanan perbankan lainnya.(*/yatti)

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers