web analytics
  

4 Cara Ajarkan Anak Pendidikan Seks di Rumah

Jumat, 12 Juni 2015 08:06 WIB
Umum - Regional, 4 Cara Ajarkan Anak Pendidikan Seks di Rumah, angeline, keluarga,KerLip,pendidikan,seks

DOA BERSAMA: Siswi SD Darul Hikam Bandung menggelar doa bersama untuk Angeline, Kamis(11/6/2015).(danny/ayobandung)

 

Bandung- Kejahatan seks terhadap anak saat ini memang cukup mengkhawatirkan, kasus Angelie menjadi contoh tidak adanya perlindungan terhadap anak. Tentunya orang tua harus segera membuka mata untuk mengantisipasi kejahatan tersebut. Pasalnya, peran orang tua tetaplah yang terpenting untuk mengatisipasi kejahatan seks pada anak-anak.

Yanti Sriyulianti dari Keluarga Peduli Pendidikan(KerLip) mengatakan jika saat ini bukan hanya pemerintah, namun peran keluarga adalah yang paling penting dalam pendidikan seks usia dini.

”Negara memang harus hadir sebagai duty bearer, sebagai pemangku kepentingan utama yang berkewajiban menghormati, memenuhi, melindungi hak-hak anak kita. Namun ini harus jadi komitmen bersama antara pemerintah, badan usaha dan masyarakat untuk memastikan pemenuhan hak dan perlindungan anak sehingga benar-benar dijalankan setiap keluarga,” tuturnya kepada ayobandung, Jumat(12/6/2015) pagi.

 Yanti juga menyayangkan jika saat ini kekerasan dan perlakuan salah lainnya terhadap anak terutama kejahatan seksuan pada anak paling banyak dilakukan orang terdekat. Oleh karenannya pendidikan seks usia dini ini sebaiknya mulai dilakukan di rumah. “Ada beberapa pendidikan seks anak yang mudah dan bisa kita terapkan di rumah,” paparnya.

Apa saja pendidikan seks usia dini yang bisa kita terapkan di rumah yuks simak penuturan Yanti di bawah ini:

1. Bimbing anak mengenali bagian pribadi  mulut, dada, kelamin dan bokong

2. Berani bilang TIDAK jika bagian tersebut disentuh/diminta diperlihatkan langsung ataupun film atau foto yang memperlihatkan bagian pribadi atau foto-foto vulgar

3. Hanya mengijinkan bagian pribadi anak disentuh ibu untuk keperluan dibersihkan atau diperiksa dokter

4. Tidak bicara dengan orang yang tidak dikenal

Keluarga memang pilar terpenting dalam pendidikan ini, jadi ada baiknya semua dimulai dari rumah, yuks ayah-bunda coba...(yatti)

 

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers