web analytics
  

Inilah 6 Ikan yang Umum Diasap

Jumat, 12 Juni 2015 07:36 WIB Editor Ayobandung
Gaya Hidup - Kuliner, Inilah 6 Ikan yang Umum Diasap, ikan,asap, enam jenis

ASAP; Ada enam jenis ikan yang biasanya diasap, yang bisa bercitrarasa tinggi.(mega/ayobandung)

 

Hampir seluruh jenis ikan bisa diasap. Tapi hanya ikan laut saja yang pada akhirnya memiliki cita rasa tinggi setelah mengalami proses pengasapan. Mau tahu, jenis ikan apa saja yang biasa diasap oleh warga dari daerah pesisir? Yuk simak penyelusuran ayobandung.com berikut ini:

1. Tongkol

Ikan laut yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga. Dagingnya tebal dengan tulang yang besar. Ternyata cita rasa ikan tongkol berbeda-beda, bergantung pada daerahnya. Biasanya para nelayan mengasap tongkol untuk mengeluarkan lemaknya.

2. Marmoyo

Ikan yang satu ini hanya bisa dijumpai di daerah pesisir Jama Timur, mulai dari Banyuwangi hingga Probolinggo. Ikan yang juga ditawarkan di Warung Gombal Asap ini hanya bisa dijumpai di musim-musim tertentu. Orang Jawa Timur biasa menyebutnya dengan “musim angin gending”.

3. Odul

Ikan ini juga bisa dijumpai di Warung Gombal Asap. Ikan yang satu ini masih satu famili dengan marlin. Rasanya? Sudah tentu gurih.

4. Putihan

Warga Jawa Timur menyebutnya dengan ikan putihan karena warna daging ikan yang satu ini lebih putih ketimbang ikan lainnya.

5. Bawal

Dua jenis bawal. Yang pertama bawal air tawar dan yang kedua bawal laut. Ikan bawal air laut lah yang cocok diolah dengan cara diasap. Rasanya lebih gurih jika dibandingkan dengan bawal air tawar.

6. Pari

Ikan pari dipercaya memiliki cita rasa yang tinggi setelah melalui proses pengasapan. Cita rasanya semakin meningkat setelah ikan pari asap kembali diolah. Ikan pari asap ini menjadi kuliner khas Surabaya.

Editor: Editor Ayobandung

artikel terkait

dewanpers