web analytics
  

Beginilah Ketika Panglima TNI Masuk Kampus

Rabu, 10 Juni 2015 17:45 WIB
Umum - Regional, Beginilah Ketika Panglima TNI Masuk Kampus, unpad,panglima tni, moeldoko

KULIAH UMUM: Panglima TNI RI, Jenderal TNI Dr. Moeldoko menerima cenderamata dari Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. (unpad.ac.id)

 

Bandung- Bagaimana jika panglima tertinggi masuk Kampus, ternyata Jendral yang sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya tersebut terlihat fleksibel ketika masuk kampus. Ia menyampaikan kuliah umumnya di Kampus Universitas Padjadjaran(Unpad), Jalan Dipatiukur, Rabu(10/6/2015).

 Panglima TNI RI, Jenderal TNI Dr. Moeldoko sendiri memberikan Kuliah Umum bertema “Wawasan Kebangsaan” di Grha Sanusi Hardjadinata , “Untuk itu, kita harus selalu melihat bagaimana perkembangan geopolitik, geostrategi negara-negara lain, agar kita menjadi bangsa yang selalu aware, selalu waspada, atas berbagai implikasi negatif dan positif,” ujarnya.

 Pada kesempatan tersebut, Moeldoko juga menyampaikan berbagai situasi terkini di berbagai negara, yang tentu saja akan berimplikasi pada Indonesia. Di dalam negeri sendiri, Moeldoko mengungkapkan bahwa secara umum kondisi politik, ekonomi, dan politik masih cukup stabil.

“Saya ingin katakan dengan gamblang bahwa saat ini kondisi dalam negeri cukup stabil. Cukup baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, stabilitas politik memang ada dinamika yang cukup keras, tetapi itu hanya pada level elite politik belum sampai dengan pada tataran grass root. “Saya pikir sebagai negara yang demokrasi wajar dinamika politik berjalan seperti itu.”

Sementara terkait stabilitas keamanan, Moeldoko menyampaikan bahwa berbagai masalah keamanan di sejumlah daerah di Indonesia sudah dapat diatasi. Adapun yang harus menjadi perhatian adalah mengenai stabilitas ekonomi, karena proyeksi pertumbuhan ekonomi tidak bisa dicapai akibat pengaruh internal dan eksternal, serta daya beli masyarakat masih rendah.

“Untuk itu, kami mohon untuk ikut menjaga situasi ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai stabilitas ekonomi kita yang sudah seperti ini diperparah lagi karena ada upaya menciptakan kondisi stabilitas politik dan keamanan yang tidak baik. Begitu stabilitas politik dan keamanan kita terganggu, maka stabilitas ekonomi kita pasti akan terganggu,” ujar Moeldoko.

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko juga menyampaikan mengenai fungsi utama kampus. Ia menyebutkan ada 4 fungsi utama kampus, yaitu sebagai agen perubahan, pusat pembelajaran, penjaga tata nilai, dan pusat kebudayaan.(yatti)

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers