web analytics
  

Waspada Si Melon Penyebab Utama Kebakaran di Bandung

Selasa, 9 Juni 2015 16:38 WIB
Umum - Regional, Waspada Si Melon Penyebab Utama Kebakaran di Bandung, gas melon,kebakaran,bandung,dinas kebakaran

KEBAKARAN: Gas melon menjadi salah satu penyebab terbanyak kebakaran di Kota Bandung, jadi waspadalah.(danny/ayobandung)

 

Bandung- Waspada untuk warga Bandung, ternyata ‘si melon’ menjadi salah satu penyebab kebakaran di Kota Bandung. Hal tersebut diungkapkan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung.

Mereka mencatat setidaknya ada 43 kejadian kebakaran sejak awal Januari 2015 hingga Juni 2015 ini yang terjadi di Kota Bandung.

Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung, Yosep Heryansyah mengatakan faktor penyebab kebakaran sendiri masih didominasi oleh hubungan arus pendek listrik.

“Selain ada faktor lain yang menjadi tren penyebab kebakaran di Kota Bandung, namun yang paling trend adalah akibat meledaknya tabung gas 3 kilogram alias 'Si Melon'. Kebanyakan kebakaran yang terjadi dari listrik karena kebanyakan masyarakat tidak menggunakan peralatan sesuai standar SNI. Selain itu masyarakat lalai dalam menggunakannya," katanya,Selasa(9/6/2015).

 "Dari beberapa kronologis yang kita dapatkan, kebanyakan mereka lupa akan menutup gas dengan benar setelah pemaikaian dan langsung ditinggal saja. Saat digunakan kembali langsung meledak," jelasnya.

Akan tetapi dari angka tersebut terjadi penurunan dibandingkan dengan kejadian kebakaran tahun lalu yang mencapai 50 kejadian dengan faktor hubungan arus pendek listrik menjadi penyebabnya.

Meski angka menurun, Yosep mengimbau kepada masyarakat untuk lebih peduli dengan berperan aktif menjaga dan mencegah kebakaran dengan sikap waspada dan selalu melakukan pengecekan terutama di rumah.

"Kita minta peran serta masyarakat dengan mengecek listrik di rumah termasuk dalam listrik dan gas. Informasi penggunaan yang benar akan membuat kita lebih aman dan mencegah kebakaran," tutupnya.(iqbal)

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Editor Ayobandung.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Yatti Chahyati

artikel terkait

dewanpers