web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Liverpool vs AS Roma: Duel Tim Bermilitansi Tinggi

Selasa, 24 April 2018 08:10 WIB Andres Fatubun

(24/4/2018 08:15:18)

LIVERPOOL, AYOBANDUNG.COM--Liverpool akan menjamu AS Roma dalam leg pertama babak semifinal Piala Champions di Anfield, Rabu (25/4/2018). Pertandingan diperkirakan akan berjalan dalam tempo yang cepat. Kedua tim lolos dari perempat final berkat penampilan dengan militansi yang tinggi sepanjang pertandingan.

The Reds menghempaskan juara Liga Utama Inggris musim ini Manchester City dengan skor telak 5-1. Sementara AS Roma diluar dugaan berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 4-4. Roma lolos karena unggul gol tandang.

Liverpool
Melawan Roma, Liverpool sedang mencoba peruntungannya untuk lolos ke babak final sejak yang terakhir pada 2007. Pasukan Juergen Klopp tampil impresif dengan memainkan pola menyerang yang sukses memporakporandakan Man City di babak perempat final.

Salah satu aktor utama Klopp dalam skema permainannya itu adalah Mohamed Salah. Pemain timnas Mesir itu sudah mencetak 31 gol dalam 33 pertandingan di Liga Primer Inggris. Prestasinya ini bisa disejajarkan dengan Cristiano Ronaldo atau Alan Shearer. Berkat penampilannya yang gemilang, Salah dinobatkan sebagai PFA Player of the Year atau pemain muda terbaik mengalahkan talenta-talenta muda di Man City seperti Kevin de Bruyne. 

Kini Salah akan menghadapi bekas timnya AS Roma dan mantan tandemnya dulu Eden Dzeko.

Dalam 12 kali pertandingan terakhir di Liga Champions, Liverpool tak terkalahkan. Hal ini menjadi modal penting bagi pasukan Klopp.

Roma
Tim yang dibesut Eusebio Di Francesco lolos ke semifinal lewat comeback terbesar sepanjang sejarah Liga Champions dengan mengalahkan raksasa Spanyol Barcelona. Sempat tertinggal 4-1 di leg pertama, Roma kemudian menang 3-0.

Namun Roma memiliki masalah yaitu tampil buruk ketika laga tandang. Gawang Alisson kebobolan empat kali di Bernabeu. Di babak penyisihan grup, Roma kebobolan tiga kali saat bertandang ke markas Chelsea dan dua kali di kandang Atletico Madrid.

AYO BACA : FIFA Siapkan Kompetisi yang Lebih Megah dari Liga Champions

Maka laga melawan Liverpool di Anfield, Roma akan berusaha mencuri minimal hasil imbang. Jika mendapatkan hasil imbang, maka akan mempermudah Daniel de Rossi cs saat tampil di kandang. Roma sering tampil kesetanan ketika bermain di kandang dalam laga yang krusial. Korbannya Barcelona dan Chelsea yang dibekuk dengan skor 3-0.

Roma akan mengandalkan ketajaman Edin Dzeko yang sudah mencetak enam gol di pentas paling bergensi antarklub se-Eropa ini.

Head to head
Liverpool vs Roma sudah berlangsung sebanyak lima kali. The Reds unggul dengan dua kemenangan. Sementara Roma baru sekali menang.
Pertemuan 1
1983/84, Final European Cup final 
Liverpool 4-2 Roma, tendangan adu penalti. 

Pertemuan 2
2000/01, putaran empat Piala UEFA Cup 
Leg 1, Roma 0-2 Liverpool

Pertemuan 3
2000/01, putaran empat Piala UEFA Cup 
Leg 2, Liverpool 0-1 Roma

Pertemuan 4
2001/02, babak penyisihan grup Liga Champions 
Leg 1, Roma 0-0 Liverpool

Pertemuan 5
2001/02, babak penyisihan grup Liga Champions 
Leg 2, Liverpool 2-0 Roma

Perkiraan susunan pemain
Liverpool (4-3-3): Karius; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Milner, Oxlade-Chamberlain, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.
AS Roma (3-5-2): Alisson; Fazio, Manolas, Juan Jesus; Florenzi, Strootman, De Rossi, Nainggolan, Kolarov; Schick, Dzeko

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

terbaru

Warnet Covid-19 Hadir di Lembur Tohaga Lodaya RW09 Lingkar Selatan

Bandung Kamis, 6 Agustus 2020 | 17:36 WIB

Untuk membantu warganya mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Lembur Tohaga Lodaya RW 09 Jalan Turangga Timur kelurah...

Percepat Pemulihan Ekonomi, Jabar Kembali Gelar KKJ 2020

Event Kamis, 6 Agustus 2020 | 17:27 WIB

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat mengembangkan program usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satuny...

Isu Takhta Belum Reda, Putra Mahkota Keraton Kasepuhan Tegaskan Kendal...

Regional Kamis, 6 Agustus 2020 | 17:18 WIB

Putra Mahkota Pangeran Raja Adipati (PRA) Luqman Zulkaedin dari Keraton Kasepuhan Cirebon memastikan kendalinya atas sit...

Operasi Patuh Lodaya 2020 Catat Sebanyak 138.953 Pelanggar Lalu Lintas

Bandung Kamis, 6 Agustus 2020 | 16:43 WIB

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar mencatat terjadi 138.953 pelanggaran lalu lintas selama berlangsungnya Op...

Mengenal Tuatara, Kerabat Dinosaurus yang Masih Hidup

Internasional Kamis, 6 Agustus 2020 | 16:38 WIB

Para peneliti  telah mengurutkan genom dari tuatara, spesies reptil tunggal yang berasal dari periode Trias, sekitar 25...

dewanpers