web analytics
Begini Cara PT KAI Daop 2 Beri Rasa Aman pada Pemudik
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada 13 Jun , 2018 | 14:42 WIB
Begini Cara PT KAI Daop 2 Beri Rasa Aman pada Pemudik
Anggota Satuan Brimob Polda Sumsel berjaga di dalam stasiun kertapati Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (29/6). Sebanyak 315 pasukan gabungan dari Brimob, TNI, Polsuska disiagakan dan ditempatkan di sejumlah stasiun kereta api yang ada di Sumsel, untuk pengamanan arus mudik lebaran tahun ini. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

KEBON KAWUNG, AYOBANDUNG.COM--PT KAI Daop 2 Bandung semakin meningkatkan keamanannya saat arus mudik dan balik Lebaran 2018. Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus, pengamanan tidak hanya berfokus di kereta api, tapi mencakup semua hal, mulai dari pengamanan di stasiun hingga jalur kereta api.

“Maka dari itu kami siapkan PAM kereta, yakni pengamanan di atas kereta api berjalan. Itu dilakukan oleh polisi khusus kereta api (polsuska),” kata Joni saat ditemui di kantor Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Selasa (12/6/2018).

Khusus untuk jalur kereta api, pihaknya juga telah menyiapkan PAM jalur kereta api yang terdiri dari petugas keamanan yang telah tersebar di stasiun-stasiun.

Selain itu PT KAI Daop 2 Bandung juga dibantu oleh pihak TNI dan Polri guna pemeriksaan secara intensif dari segi teknis maupun jalur kereta api itu sendiri.

“Kami bekerja sama dengan satuan TNI dan Polri untuk mengamankan stasiun. Misalnya di stasiun Bandung, kami dibantu oleh Brimob, Polsek setempat, Kodim, dan Koramil,” ucapnya.

Joni menambahkan di setiap stasiun pun kini sudah menempatkan anjing pelacak atau yang biasa disebut K-9. Satu ekor K-9 terdapat di Stasiun Hall Bandung, kemudian satu lagi untuk berjaga-jaga di Stasiun Kiaracondong.

Kendaraan yang akan masuk stasiun pun harus melalui beberapa lapis pengamanan. Saat memasuki area parkir stasiun, setiap kendaraan akan diperiksa dengan metal detector. Kemudian para penumpang juga akan dicek kembali barang bawaannya sebelum memasuki zona boarding.

“Mulai dari pintu masuk parkir semua kendaraan diperiksa oleh inspektor mirror. Jadi kendaraan dan para penumpang tersebut diperiksa untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa mengancam keamanan, tuturnya.

 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600