web analytics
Strategi bank bjb syariah Hadapi Semester II/2018
pada 08 Jun , 2018 | 08:15 WIB
Strategi bank bjb syariah Hadapi Semester II/2018
Jajaran Direksi Bank BJB Syariah Toto Susanto (kiri), Indra Falatehan (tengah) dan Didit Supriyadi (kanan) saat konferensi pers disela acara media gathering Bank BJB Syariah di Dusun Bambu Leisure Park, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (26/4/2018). (Irfan Alfaritsi)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Geliat bisnis bank bjb syariah pada semester pertama tahun 2018 menunjukkan pertumbuhan positif yang signifikan. Bahkan hingga bulan Maret 2018, bank bjb syariah berhasil meraup laba sebesar Rp13 miliar.

"Sementara target laba di tahun 2018 sebesar Rp50 miliar. Artinya target tersebut bukan sesuatu yang tidak mungkin jika melihat pencapaian kami hingga bulan Maret," ujar Direktur Utama bank bjb syariah Indra Falatehan, Kamis (7/6/2018).

Kini, serangkaian strategi telah disiapkan dan tengah dijalankan oleh bank bjb syariah untuk mengarungi semester dua tahun 2018. Salah satunya adalah fokus pada segmen konsumer yang merupakan captive market bank bjb syariah.

"Strategi yang dilakukan adalah untuk tetap fokus bergerak di segmen konsumer sebagai captive market bank bjb syariah. Kini pertumbuhannya sudah mencapai 5%," ujar Indra. 

Adapun produk unggulan milik bank bjb syariah di segmen konsumer di antaranya pembiayaan kepemilikan emas dan mitra emas. Selain itu, bank bjb syariah terus memperluas jaringan sebagai bank operasional dua. 

Sementara pembiayaan kepemilikan emas iB Maslahah bank bjb syariah merupakan produk yang memberikan fasilitas pembiayaan kepada nasabah untuk pembelian emas batangan atau perhiasan.

Pembelian emas dilakukan dengan sistem angsuran. Namun, emas hasil pembelian tersebut akan ditempatkan dalam penguasaan dan pemeliharaan di bank bjb syariah sebagai bentuk agunan.   

Sedangkan mitra emas iB Maslahah adalah produk qardh beragun emas. Nantinya, bank bjb syariah akan memberikan fasilitas pembiayaan kepada nasabah dengan agunan berupa emas batangan atau perhiasan.  

Emas kemudian akan disimpan dan dikelola dengan baik oleh bank bjb syariah. Namun, atas dasar prinsip ijarah, maka pemeliharaan emas dikenakan biaya tertentu.

"bank bjb syariah tengah membangun kerja sama dengan Antam untuk penyediaan emas. Sehingga ketersediaan atas kebutuhan emas dapat terpenuhi," ujar Indra. 

Selain itu, bank bjb syariah juga merupakan salah satu perbankan pelaksana yang dapat menyalurkan kredit kepemilikan rumah (KPR) Sejahtera bersubsidi melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) setelah ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Seperti tahun lalu, pada 2018 bank bjb syariah juga menargetkan pembiayaan KPR Sejahtera sebanyak 1.600 unit atau sekitar Rp160 miliar. Hal tersebut merupakan komitmen bank bjb syariah dalam mendukung program pemerintah terkait penyediaan rumah dengan harga terjangkau untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"Untuk bank syariah, kami termasuk dalam urutan tiga besar dalam penyaluran KPR Sejahtera. Tahun lalu kami dapat menyalurkan 1.600 unit rumah. Ditargetkan tahun 2018, pencapaian tersebut akan kembali diraih," ujar Indra.

Adapun target penyaluran pembiayaan yang dilakukan bank bjb syariah pada tahun 2018 sebesar Rp5,4 triliun. Untuk segmen konsumer, bank bjb syariah menargetkan penyaluran kredit sekitar Rp4,5 triliun. Sementara untuk segmen komersial akan mendapat penyaluran dana sekitar Rp800 juta hingga Rp900 juta. 

Source: Dadi Haryadi/Arfian Jamul Jawaami

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600