web analytics
Lagu "Macarena" Bisa Jadi Alat Penanganan Henti Jantung Mendadak
pada 06 Jun , 2018 | 06:27 WIB
Lagu
Ilustrasi -- Cuplikan video klip Macarena.

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Masih ingatkah Anda dengan lantunan lagu “Macarena”? Lagu yang sempat naik daun di era 1990-an itu membuat banyak orang tertawa. Lagu itu membuat seseorang menggerakkan tangan ke depan, ke samping kepala, pinggang, dan bergoyang. Namun, siapa sangka jika lagu asal Spanyol itu ternyata bisa digunakan dalam praktik cardiopulmonary resuscitation alias CPR.

CPR adalah sebuah usaha untuk mengembalikan fungsi pernapasan dan sirkulasi. CPR merupakan penanganan akibat terhentinya fungsi jantung secara mendadak.

Penemuan itu dipresentasikan dalam European Anaesthesia Congress 2018 di Denmark. Dalam penelitian tersebut, lagu “Macarena” memiliki tempo yang sempurna untuk melakukan CPR. Diketahui, “Macarena” memiliki tempo 103 bpm (beat per minute).

“Itu adalah salah satu lagu paling terkenal di Spanyol, dan mungkin salah satu paling terkenal di dunia. Ritme ‘Macarena’ sangat penting untuk melakukan CPR,” ujar salah seorang peneliti, Enrique Carrero Cardenal dari University of Barcelon, Spanyol, melansir Science Alert.

Peneliti melakukan tes terhadap 164 siswa. Semua siswa yang terlibat telah diajarkan metode CPR sebelumnya. Mereka diminta untuk melakukan CPR selama dua menit. Sebagian kelompok diminta untuk menggumamkan lagu “Macarena” di kepala mereka. Kelompok lain diminta untuk menggumamkan lagu yang dipopulerkan oleh Los del Rio itu dengan menggunakan aplikasi metronome di gawai. Selanjutnya, kelompok terakhir tidak menggunakan lagu “Macarena”.

Hasilnya, mereka yang menggunakan aplikasi metronome adalah kelompok yang mendapatkan hasil terbaik. Mereka mencapai tempo CPR yang tepat hingga 91%. Sedangkan kelompok yang hanya bergumam hanya mencapai angka 74%. Hasil-hasil tersebut jauh dari yang didapat kelompok tanpa intervensi “Macarena” yang hanya mencapai 24%.

Jika Anda tak begitu pas dengan “Macarena”, tapi ingin mendapatkan bantuan darurat pertama dengan baik, Anda bisa mencoba lagu lain seperti “Rock DJ” dari Robbie Williams, “Your Body” dari Christina Aguilera, dan nomor “Piano Concerto No.17 di G Major” oleh Mozart.

Sayangnya, penelitian ini tidak memperhatikan kedalaman kompresi. Meski begitu, teknik ini bisa menjadi penyelamat dalam beberapa situasi termasuk kasus orang tenggelam.

Source: Science Alert

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600