web analytics
10 Alasan Kamu Harus Konsumsi Kurma Tiap Hari
Oleh Husnul Khatimah, pada 03 Jun , 2018 | 10:46 WIB
10 Alasan Kamu Harus Konsumsi Kurma Tiap Hari
Kurma. (boldsky).

BOGOR BARU, AYOBOGOR.COM--Kurma adalah buah manis yang sangat populer dan dibudidayakan secara luas di Timur Tengah. Selain dimakan secara mentah, kurma juga digunakan sebagai bahan makanan favorit dalam memasak banyak masakan, terutama makanan penutup.

Buah ini dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia karena rasanya yang lezat dan banyak manfaat kesehatan. Lebih lanjut berikut adalah manfaat dari memakan kurma setiap hari:

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kurma mengandung sejumlah besar antioksidan yang membantu mencegah penyumbatan arteri dengan menghentikan pembentukan plak di dinding arteri, yang jika tidak dicegah akan mengakibatkan serangan jantung fatal bagi pasien. Kurma juga mengandung jumlah isoflavon dan phytoestrogen yang tinggi yang diketahui dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.

2. Membantu dalam Pencernaan

Kurma mengandung banyak mineral dan serat, yang dapat memperbaiki kondisi pencernaan seseorang. Mineral yang terkandung dalam kurma membantu dalam menyembuhkan konstipasi, sementara kandungan kalium yang tinggi memberikan bantuan kepada pasien yang menderita diare. Jika dikonsumsi secara teratur kurma akan mencegah kanker usus.

3. Dapat Memperkuat Tulang

Kandungan mineral penting dalam kurma, seperti mangan, magnesium, selenium dan tembaga, membantu memperkuat sel-sel tulang Anda, sehingga mencegah kerapuhan tulang. Selain itu, konsumsi kurma secara teratur diketahui dapat mencegah osteoporosis dan jenis penyakit tulang yang serupa.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Karena kurma tidak memiliki kandungan lemak, memasukan kurma dalam diet harian Anda akan dapat secara bertahap menurunkan tingkat kolesterol tubuh Anda. Berdasarkan penelitian terbaru, kandungan zat besi dan serat yang kaya dalam kurma membantu dalam mengatur tingkat kolesterol dalam tubuh Anda.

5. Dapat Menjaga Tekanan Darah Tetap Terkendali

Karena kurma merupakan sumber kalium yang kaya, mereka secara efektif akan membantu mengatur tekanan darah tubuh Anda. Kalium juga mengurangi efek natrium yang merupakan penyebab meningkatnya tekanan darah Anda secara mengkhawatirkan. Selain itu, kandungan tinggi dari mineral yang dimiliki buah ini berkontribusi untuk menurunkan kadar gula darah, yang pada gilirannya mengurangi tekanan darah tinggi.

6. Dapat Meningkatkan Kekuatan Kognitif

Menurut penelitian modern, kurma dapat mencegah stres oksidatif dan bentuk peradangan lain dari merusak sel-sel otak Anda. Dengan demikian, degenerasi neuron dapat dicegah pada orang lanjut usia, suatu faktor yang pada gilirannya diketahui meningkatkan daya ingat dan kekuatan kognitif lainnya.

7. Meningkatkan Energi Fisik Anda

Kurma mengandung gula alami tingkat tinggi, seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa, yang membuat buah ini sangat manis. Semua gula alami ini melepaskan sejumlah besar kalori dalam tubuh Anda, sehingga membuat Anda sangat energik. Kandungan mineral kurma juga menstimulasi metabolisme tubuh Anda secara keseluruhan, yang juga menyebabkan peningkatan tingkat energi Anda.

8. Mencegah Kebutaan Malam

Kurma merupakan sumber kaya vitamin A yang dapat meningkatkan penglihatan Anda dan mencegah kebutaan di malam hari. Karena kekurangan vitamin ini diketahui menjadi penyebab utama kebutaan malam pada anak-anak, konsumsi teratur kurma dalam bentuk apapun dapat mencegah hal ini.

9. Bermanfaat Bagi Wanita Hamil

Pembentukan hemoroid sering menyebabkan masalah serius selama kehamilan. Karena kurma mengandung banyak serat, buah ini dapat mencegah pembentukan wasir di dalam tubuh. Selain itu, asupan kurma membuat tubuh lebih sehat selama kehamilan dan membuat wanita tetap energik serta membuat periode ini lebih mudah dilalui oleh ibu hamil.

10. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit Anda

Karena kurma mengandung banyak vitamin C dan vitamin D, mereka dapat menjaga elastisitas alami kulit Anda dan membantu Anda memiliki kulit yang keras, halus, dan sehat.

 

Source: Boldsky

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600