web analytics
Tidur di Akhir Pekan Bisa Bikin Panjang Umur
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada 26 May , 2018 | 13:55 WIB
Tidur di Akhir Pekan Bisa Bikin Panjang Umur
Ilustrasi. (pixabay.com)

RAWALUMBU, AYOBEKASI.NET--Tidur ketika kita membutuhkannya tidak hanya bentuk perawatan diri yang direkomendasikan. Berdasarkan penelitian, hal tersebut bisa membantu memperpanjang umur. 

Melansir dari Pop Sugar, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stress Research Institute di Stockholm University, mereka yang tidak mendapatkan cukup tidur selama seminggu dapat benar-benar menebusnya di akhir pekan. Penelitian itu, juga menyimpulkan terdapat potensi memanjangkan umur karena pola tidur yang dijaga. 

Penelitian ini, awalnya melaporkan tentang tingkat kematian dan pola hidup dari 43.000 orang yang menjadi objek penelitian antara tahun 1997 dan 2010. Selama 13 tahun tersebut, 3.234 orang dinyatakan meninggal. 

Penelitian tersebut, menemukan mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan menghabiskan waktu tidurnya hanya rata-rata lima jam atau kurang pada hari kerja, dan minimal delapan jam pada akhir pekan, memiliki risiko kematian yang sama dengan orang-orang yang menghabiskan enam sampai tujuh jam tidur setiap malamnya. 

Orang dewasa yang rata-rata tidurnya kurang dari lima jam selama seminggu dan tidak mengimbangi kurangnya tidur, lebih buruk ketimbang orang-orang yang secara teratur tidur selama tujuh jam per malam. Selain itu, orang-orang yang mengganti waktu tidurnya di akhir pekan menunjukkan bahwa waktu tidurnya sudah memadai untuk hitungan seminggu. 

Studi ini juga menyimpulkan bahwa orang yang tidur setidaknya delapan jam setiap malam menghindari tingkat kematian sebesar 25% atau lebih tinggi daripada mereka yang rata-rata tidur enam sampai tujuh jam.

Memang sebagian besar dari kita masih memandang terlalu banyak tidur adalah perbuatan malas. Namun penting diingat, hal tersebut hanya berlaku bagi orang-orang yang cenderung terpengaruh oleh norma sosial. Selebihnya menjaga pola hidup lebih berarti jika kita tahu manfaatnya. Jadi kuncinya, jika waktu tidur kita hilang karena kesibukan, maka siapkan kompensasinya di akhir pekan. 

Source: Popsugar.com

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600