web analytics
Lima Tempat Ngabuburit Sambil Mendengarkan Kajian di Bandung
Oleh Fathia Uqim, pada 23 May , 2018 | 11:09 WIB
Lima Tempat Ngabuburit Sambil Mendengarkan Kajian di Bandung
Suasana kajian di Masjid Salman ITB, Bandung. (Instagram @salmanitb)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Selama Ramadan, berbagai masjid dan tempat umum lainnya getol mengadakan kajian. Tak sedikit di antaranya menyediakan aneka takjil gratis untuk jemaah. Kajian dihelat agar suasana Ramadan terasa lebih kentara dan umat Islam dapat melakukan aktivitas yang tidak sia-sia.

Biasanya, kajian diadakan menjelang berbuka puasa sembari mengisi waktu ngabuburit sambil mendapatkan ilmu. Ada beberapa tempat yang dapat ayobandung.com rekomendasikan supaya ngabuburit jadi lebih bermanfaat. Berikut daftarnya:

 

Masjid Salman ITB

Masjid Salman ITB punya segudang aktivitas seru yang dihelat oleh kepanitiaan besar dari seluruh mahasiswa se-Bandung Raya. Selama sebulan, mereka mengadakan berbagai acara seperti kajian, lomba, sampai seminar gratis. Kamu bisa mendatangi masjid yang berlokasi di depan Kampus ITB ini setiap pukul 16.00 WIB untuk mendapatkan ilmu baru dari berbagai tokoh ternama. Sebut saja Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail Ahmad, CEO Indonesia Medika Gamal Albinsaid, atau Kepala Badan Informasi, dan Geospasial Hasanuddin Z. Abidin.

Miko Mall

Bosan datang kajian ke masjid? Mal bisa jadi tempat baru buat mendengarkan kajian sambil ngabuburit. Miko Mall hadir sebagai penyedia kajian yang berkolaborasi dengan Yayasan Rumah Cerdas Muslim dan Pondok Pesantren Baiturrahman untuk menghelat berbagai aktivitas seru. Mulai dari perlombaan tingkat SD hingga SMA, hiburan musik Islami, dan kajian “Ngabuburit Asik” dari pukul 16.00 WIB sampai waktu berbuka. Pemateri kajian adalah para alumni Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, yang bakal membahas seputar kehidupan dasar umat Islam.

Masjid Habiburahman

Masjid yang berada di wilayah PT Dirgantara Indonesia ini punya aktivitas kajian yang dihelat usai Zuhur dan menjelang berbuka puasa. Pemateri kondang dihadirkan untuk menemani waktu berbuka seperti Ustaz Abdurrahman Wahid, Ustaz Nur Ihsan Jundullah, dan Ustaz Asep Imamuddin. Pembahasan kajian bertahap dapat dinikmati seperti Kajian Hadits Arbain, Sirah Nabawiyah, atau bicara masalah parenting ala Rasulullah. Pada 10 hari terakhir Ramadan, masjid yang berlokasi di Jalan Pajajaran 154 ini terkenal dengan kegiatan iktikafnya yang ramai dikunjungi orang.

Masjid Al-Lathiif

Kegiatan yang bakal ada di Masjid Al-Lathiif mulai dari sahur dan berbuka puasa gratis selama ramadan, pesantren kilat, salat Tarawih berjemaah, dan qiyammulail di 10 hari terakhir bersama para imam kondang. Di antaranya Muzammil Hasballah, Hannan Attaki, atau Rahmat Baequni. Pesantren Pemuda terbuka buat pemuda yang usianya di antara 18 sampai 30 tahun. Kegiatan ini hadir untuk mereka yang ingin memperdalam dasar-dasar agama Islam. Peserta pesantren pemuda ini diwajibkan menginap di Al-Lathiif selama 10 hari selama 21-30 Mei 2018. Pesantren Pemudi terbuka buat pemudi alias perempuan yang usianya minimal 17 tahun, ingin mengkhatamkan Alquran, dan sharing tentang agama Islam. Pesantren Pemudi dilaksanakan dari tanggal 17 Mei-5 Juni 2018 dan tidak menginap seperti Pesantren Pemuda. Kajian sore pun hadir setiap menjelang berbuka dari pukul 16.00-17.30 WIB bersama Ustaz Imam Nuryanto, Ustaz Rahmat Baequni, atau Ustaz Hannan Attaki.

Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate dan Gesa Kopi menghelat program ngabuburit di Gedung Sate yang hadir selama 19 Mei-6 Juni 2018. Kamu bisa mendapatkan  Tur Museum Gedung Sate, jalan-jalan di area publik Gedung Sate, kumpul sambil menambah wawasan dengan talkshow dan edukasi tentang kopi Jawa Barat. 

Selain itu, kamu juga bisa seru-seruan ditemani band dan game board. Ada juga sajian takjil untuk kamu berbuka puasa. Sementara itu, talkshow yang menemani kamu menunggu waktu berbuka puasa diisi oleh berbagai pemateri untuk membahas soal cagar budaya di Bandung, sejarah kopi di Priangan, street photography, sampai belajar dan berkeliling dunia. 

Sebagai informasi, kegiatan ini dipungut biaya. Bagi kamu yang tertarik, kamu dipersilakan melakukan reservasi terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @museumgedungsate.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600