web analytics
Bawaslu Cecar Paslon 'Asyik' 33 Pertanyaan
Oleh Dadi Haryadi, pada 19 May , 2018 | 19:21 WIB
Bawaslu Cecar Paslon 'Asyik' 33 Pertanyaan
Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto saat konferensi pers di Kantor Bawaslu Jabar, Sabtu (19/5). (Dadi Haryadi/ayobandung)

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM--Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat memeriksa pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut tiga, Sudrajat-Syaikhu terkait penggunaan kaus ‘2019 Ganti Presiden’ dalam ajang debat publik kedua yang berujung kericuhan pada awal pekan kemarin.

Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto mengatakan, pihaknya sengaja melakukan pemanggilan kepada kandidat nomor tiga untuk menghimpun informasi lengkap peristiwa debat publik kedua yang berlangsung di Universitas Indonesia (UI), Depok.

Sebelumnya, pemanggilan serupa telah dilakukan kepada KPU Jabar pada 16 Mei lalu.

"Kami melakukan klarifikasi kepada paslon nomor tiga selama tiga jam. Ada 33 pertanyaan yang kami ajukan," ujar Harminus dalam sesi konferensi pers di Kantor Bawaslu Jabar, Sabtu (19/5/2018).

Harminus menjelaskan, klarifikasi dilakukan mulai dari awal hingga akhir, serta ada atau tidaknya kesepakatan KPU dan paslon soal panduan larangan dalam acara debat kedua.

Bawaslu Jabar memastikan bahwa aksi yang dilakukan pasangan Asyik ini tidak memenuhi unsur pidana. Namun demikian, proses pemeriksaan administrasi masih tetap berjalan.

Dalam hal ini, kewenangan pemberian sanksi ada di tangan KPU. “Hasilnya akan secepatnya kami sampaikan kepada KPU,” kata Harminus. Sanksi administrasi yang akan diberikan bergantung pada tingkat pelanggaran, mulai dari peringatan lisan, tertulis, dan lainnya.

Selain paslon nomor tiga, Bawaslu Jabar juga akan memanggil paslon nomor dua, TB Hasanudin-Anton Charliyan, pada Minggu (20/5/2018) besok. Pemanggilan tersebut dilakukan karena yang bersangkutan sempat menyebut nama Presiden RI, Joko Widodo. Hal tersebut diperkuat oleh informasi yang didapat salah seorang komisioner Bawaslu yang hadir dalam acara debat publik kedua.

"Besok belum tahu datang atau tidak. Kalau pun tidak hadir, akan tetap bisa kami simpulkan," pungkas Harminus.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600