web analytics
Agar Tetap Bugar Saat Puasa, Ikuti Lima Tips Ini
Oleh Arditya Pramono, pada 17 May , 2018 | 10:19 WIB
Agar Tetap Bugar Saat Puasa, Ikuti Lima Tips Ini
Ilustrasi kebugaran. (Pixabay)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM—Kini, kita telah memasuki bulan Ramadan. Artinya, adalah waktu bagi kita untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, kita perlu memperhatikan pola makan.

Dilansir dari Al Jazeera, berikut lima tips penting agar tubuh tetap bugar selama menjalankan puasa.

 

Minumlah banyak air putih 

Saat buka dan sahur, usahakan banyak minum air putih. Apalagi kalau Anda tinggal di daerah bercuaca panas. Dari waktu buka sampai sahur, usahakan minum dua liter air putih. 

Makan makanan dengan gizi seimbang

Saat berpuasa, tubuh memerlukan energi dan gizi dari makanan yang disantap saat berbuka hingga sahur. Agar tubuh bekerja dengan optimal, asupan makanan yang masuk harus seimbang baik dari segi kuantitatif maupun kualitatif. 

Jangan lupa olahraga

Ketika puasa, jangan lupakan olahraga. Olahraga yang dimaksud adalah olahraga dengan porsi yang ringan. Olahraga ringan seperti jalan kaki atau melakukan pemanasan biasa dapat membuat darah Anda mengalir dengan lancar dan membuat sistem tubuh bekerja dengan baik. 

Perbanyak protein dan serat

Saat sahur, usahakan banyak mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat. Makanan berprotein dan berserat akan memberikan tenaga dengan waktu yang lama. Contoh makanan berprotein tinggi seperti telur, kacang almond, dada ayam, gandum, keju, susu, dan lainya. Makanan berserat tinggi seperti sejumlah jenis sayuran dan buah-buahan. 

Hindari garam 

Usahakan tidak terlalu mengonsumsi makanan yang asin saat sahur. Makanan dengan kadar garam yang tinggi membuat Anda menjadi dehidrasi.

Source: Al Jazeera

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600