web analytics
Cara Menurunkan Berat Badan dengan Pola Tidur Alami
pada 16 May , 2018 | 06:57 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan dengan Pola Tidur Alami
Ilustrasi tidur. (Pixabay)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Tahukah kamu bahwa penurunan berat badan bisa dilakukan dengan pola tidur secara alami? Banyak ilmuwan yang mengungkapkan cara terbaik mengurangi asupan kalori adalah dengan mendapatkan lebih banyak waktu tidur.

Beberapa rutinitas sederhana pada malam hari bisa mengarah pada penurunan berat badan. Jika kamu sulit tidur dan merasa kurang tidur, maka simak ini.

 

Tidur dengan lampu gelap

Tidur dalam kegelapan total akan membantu tubuh memproduksi hormon melatonin. Ini akan membantumu untuk tidur lebih lelap dan membantu memproduksi lemak yang membakar kalori.

Tidur cukup

Seseorang dianjurkan untuk memiliki 7-8 jam waktu tidur. Ini akan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, bahkan saat kita sedang tidak aktif. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang beristirahat dengan baik, energi yang dikeluarkannya 5% lebih tinggi daripada mereka yang kelelahan terus menerus. Penelitian lain menemukan bahwa kurang tidur membuat sel-sel lemak kurang sensitif terhadap insulin .

Kurangi alkohol

Saat tubuh beristirahat, saat itu pula tubuh membakar lebih banyak kalori. Minum alkohol sebelum tidur akan membuat tubuh bekerja untuk mencerna alkohol saat tidur. Ini akan memengaruhi proses penurunan berat badan. Segelas anggur merah selepas makan malam memang bagus, tapi pastikan berhenti mengonsumsi alkohol tiga jam sebelum tidur.

Makan malam kecil

Makan besar sebelum tidur akan membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk mencerna. Ketika tubuh tidur nyenyak, otak memancarkan hormon pertumbuhan. Dan di larut malam, hormon ini akan menyimpan makanan dalam sistem tubuh sebagai lemak, bukan bahan bakar.

Jangan gunakan barang elektronik sebelum tidur

Para peneliti di Manchester University menemukan bahwa cahaya biru yang dikeluarkan gawai menganggu keseimbangan kerja hormonal tubuh. Ini juga mengurangi produksi melatonin dan dapat menyebabkan metabolisme terganggu. Jauhi televisi dan gawai, setidaknya satu jam sebelum tidur.

Tidur dengan udara dingin

Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang tidur di kamar dengan suhu lebih rendah ditemukan berhasil membakar lebih dari 7% lemak dibandingkan mereka yang tidur di kamar dengan suhu hangat. Ini disebabkan oleh tubuh yang lebih bekerja keras untuk menaikkan suhu inti hingga berguna untuk membakar kalori.

Aktivitas padat berkumpul di siang hari

Aktivitas padat membantu menurunkan berat badan. Namun, jangan beraktivitas berat empat jam sebelum tidur, karena itu akan menganggu proses tidurmu dan menyebabkan malam yang gelisah. Jadi, tetaplah aktif di siang hari dan hindari aktivitas berat di malam hari.

Makan biji-bijian utuh saat makan siang

Konsumsi karbohidrat kompleks saat makan siang dapat membantumu untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Serotonin bersumber dari biji-bijian dan ini diubah menjadi melatonin dalam tidurmu.

Tidur telanjang

Apakah kamu tahu kalau tidur telanjang membantumu membakar lebih banyak kalori? Tidur dalam kondisi telanjang dapat membuat tubuh tetap dingin yang ujung-ujungnya membantu meningkatkan lemak baik di dalam tubuh yang bekerja untuk membakar lebih banyak energi. Tidur telanjang juga memungkinkan sirkulasi udara yang baik di dalam tubuh dan dapat meningkatkan kualitas sperma bagi pria.

Source: Boldsky

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600