web analytics
Ini Cara "Rindu" Berantas Rentenir Tani
Oleh Dadi Haryadi, pada 15 May , 2018 | 06:19 WIB
Ini Cara
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. (Dok. AyoMediaNetwork)

DEPOK, AYOBANDUNG.COM--Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum punya solusi untuk memberantas rentenir tani. Salah satunya dengan konsep digital commerce produk pertanian.

"Kuncinya adalah mengubah cara berdagang para petani. Selama ini mereka (petani) menjual, tapi diatur sama tengkulak," ujar Ridwan Kamil dalam segmen tanya jawab di ajang Debat Publik Pilgub Jabar di kampus Universitas Indonesia, Depok, Senin (14/5/2018). Demi memberantas rentenir tani, pihaknya bersemangat mendigitalkan perdagangan yang dilakukan para petani.

Selama lima tahun ke depan, pasangan calon yang disebut "Rindu" ini akan melatih petani untuk menerima pesanan secara daring. Menurut Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil—cara tersebut telah berhasil diterapkan di Kota Bandung. Masyarakat Kota Kembang bisa membeli sayuran secara daring kepada petani di Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Emil menjelaskan, konsep perdagangan digital akan membuat petani bisa menjual produknya lebih tinggi. Adapun, konsumen bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Jika biasanya petani menjual beras seharga Rp4.000 per kilogram, maka dengan konsep digital harga beras bisa naik menjadi Rp7.000 per kilogram. Sementara masyarakat yang biasa membeli dengan Rp11.000 per kilogram, bisa turun menjadi Rp10.000 per kilogram. Sisanya merupakan ongkos kirim. "Dengan cara ini maka tengkulak akan berhenti beroperasi," kata Emil.

Selain perdagangan digital, Rindu juga akan membantu permodalan petani melalui Kredit Mesra yang disalurkan berbasis masjid. Kredit ini diberi tanpa agunan juga bunga dengan plafon hingga Rp30 juta.

"Kombinasi solusi melalui digital commerce dan Kredit Mesra diharapkan bisa mengilangkan rentenir pertanian," pungkas Emil.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600