web analytics
Ini Syarat Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tingkat SMA di Jabar
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada 15 May , 2018 | 10:13 WIB
Ini Syarat Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tingkat SMA di Jabar
PPDB Jawa Barat
BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Provinsi Jawa Barat merilis aturan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB untuk tingkat Sekolah Menengah Atas atau sederajat tahun ajaran 2018/2019.
 
Dalam aturan tersebut disebutkan jalur PPDB pada tahun ajaran 2018/2019 antara lain melalui keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), penghargaan maslahat guru (PMG) dan anak berkebutuhan khusus (ABK), warga penduduk setempat (WPS), prestasi/bakat istimewa akademik atau nonakademik, dan nilai hasil ujian nasional (NHUN).
 
Adapun kuota daya tampung untuk luar provinsi sebesar 10% dengan rincian prestasi 5% dan NHUN 5%; serta dalam provinsi 90% dengan rincian KETM 20%, PMG dan SLB 5%, WPS 10%, prestasi 15%, dan NHUN 40%.
 
Dalam aturan PPDB disyaratkan calon peserta didik antara lain:
 
1. Berusia paling tinggi 21 tahun (SMA, SMK, SMALB), TKLB 5 tahun, SDLB 7 tahun, dan SMPLB 15 tahun.
 
2. Memiliki ijazah/STTB SMP/sederajat, lulusan tahun berjalan atau tahun sebelumnya memiliki Ijazah/STTB SD untuk SMPLB dan ijazah/STTB SMP untuk SMALB.
 
3. Memiliki SHUN SMP/bentuk lain sederajat (Kecuali CPD berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas dan lulusan dari sekolah luar negeri tidak disyaratkan).
 
4. Peserta didik jalur nonformal dan informal dapat diterima di SMA, SMK, atau bentuk lain yang sederajat setelah lulus ujian kesetaraan paket B, dan lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh SMA, SMK, atau bentuk lain yang sederajat yang bersangkutan.
 
5. CPD dari sekolah di LN dengan sistem pendidikan LN melakukan konversi nilai atau tes kelayakan lebih dahulu oleh satuan pendidikan yang dituju.
Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600