web analytics
Perkuat Jaringan, Disdik Jabar Akan Pasang Fiber Optik
Oleh Mildan Abdalloh, pada 15 May , 2018 | 08:30 WIB
Perkuat Jaringan, Disdik Jabar Akan Pasang Fiber Optik
Ilustrasi fiber optik. (Financial tribune)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM-- Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan memasang fiber optik pada tahun ini. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat jaringan teknologi informatika yang dimilikinya.

Kepala Seksi Pelayanan dan Promosi Balai. Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Abur Mustikawanto, mengatakan salah satu permasalahan teknologi informatika adalah kurang kuatnya jaringan, hal tersebut dikarenakan infrastruktur jaringan  yang masih menggunakan kabel tembaga.

"Hampir semua lini sekarang sudah berbasis daring, tapi karena pintu masuknya masih terbatas, banyak masalah yang dihadapi seperti server down," tutur Abur di Lembang, Selasa (15/5/2018).

Dengan pemasangan jaringan fiber optik, maka akses akan semakin kuat dan tidak akan ada lagi kendala seperti peladen yang bermasalah. Pemasangan fiber optik tersebut akan memungkinkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mempunyai server sendiri untuk digunakan saat UNBK.

Selama ini, kata dia, UNBK masih menggunakan peladen milik Kementerian Pendidikan, padahal secara bersamaan diakses oleh sekolah seluruh Indonesia, hal tersebut menjadikan peladen rentan mengalami perlambatan karena beban yang berlebih.

"Jika infrastruktur telah mendukung, kami akan membuat studio broadcast, sehingga sekolah-sekolah yang ada di Jawa Barat bisa menggunakannya," ujarnya. Selain itu akan dikembangkan aplikasi gawai secara masif.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600