web analytics
Penjelasan Pakar Tentang Manfaat Berjalan Kaki
pada 14 May , 2018 | 06:34 WIB
Penjelasan Pakar Tentang Manfaat Berjalan Kaki
Ilustrasi berjalan kaki. (Pixabay)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Manusia perlu berolahraga agar tetap sehat. Olahraga mampu melindungi diri terhadap penyakit dan kematian dini. Salah satunya adalah dengan berjalan kaki.

Melansir Science Alert, sejumlah pakar menyebut bahwa jalan kaki cukup memberikan manfaat untuk kesehatan. “Berjalan tentu saja lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali,” ujar pakar olahraga, Jackson Fyfe. Namun, agar lebih maksimal, kombinasikan kegiatan berjalan kaki itu dengan jenis aerobik lain seperti berlari, bersepeda, dan berenang. Mungkin juga Anda perlu melakukan angkat beban secara teratur.

“Tentu saja ini tidak berarti berjalan tidak memiliki manfaat, tetapi ada aspek lain yang bisa lebih menyehatkan tubuh selain jalan kaki,” ujar Fyfe.

Sementara itu, seorang terapis, Carol Maher mengatakan, aktivitas fisik akan berdampak pada kesehatan seperti mengurangi risiko jantung, obesitas, diabetes, depresi, osteoporosis, dan sejumlah penyakit kanker.

Berjalan kaki dengan kecepatan sedang menjadi salah satu cara mencapai hal tersebut. Utamanya, apabila kegiatan berjalan kaki dilakukan secara rutin.

Lalu, seorang terapis lain, Jullie Netto, juga mendukung bahwa kegiatan berjalan kaki akan berdampak pada kesehatan. “Berjalan kaki membawa banyak manfaat,” katanya. “Anda dapat dengan mudah mengubah kecepatan, intensitas, atau jarak yang ditempuh,” tambahnya.

Berjalan sembari membawa beban akan menambah variasi kegiatan menyehatkan ini. “Atau Anda bisa melakukannya dengan berjalan di atas treadmill,” kata Netto.

Berjalan, kata Netto, juga terbukti untuk mengurangi depresi. Ada aspek sosial yang bisa Anda dapatkan saat berjalan, di mana Anda bisa mengenal orang-orang di lingkungan sekitar.

Sedangkan pakar biomekanis, Cavin Netto mengatakan, berjalan kaki dengan mempertahankan kecepatan 4-6 km/jam selama 30 menit dalam sehari adalah cukup.

“Olahraga ini gratis. Kamu bisa membawa teman, keluarga, dan hewan peliharaan,” kata Netto. Sebab, yang paling penting dari berjalan kaki adalah menikmati kegiatan tersebut sebagai "obat" terbaik yang pernah Anda ambil.

Terakhir, profesor kesehatan, Tim Olds, juga mendukung kegiatan berjalan kaki demi kebugaran tubuh. Dia menyebut rata-rata orang dewasa di Australia berjalan kaki selama sekitar 30 menit dalam sehari. Itu berarti sekitar 40% dari semua aktivitas fisik mereka.

“Kami biasa berjalan jauh lebih banyak. Dalam sebuah penelitian yang mensimulasikan kehidupan warga Australia awal di Sydney mencatat bahwa orang berjalan kaki selama 4-6 jam per hari,” kata Olds.

Berjalan kaki, kata Olds, akan mengurangi risiko kematian dini pada usia berapapun. “Tetapi Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk berjalan,” katanya. Satu menit berolahraga setara dengan 3,5 menit berjalan kaki.

Untuk mengurangi risiko kematian hingga 20%, Anda perlu berjalan selama 56 menit sehari. Anda akan mendapat manfaat yang sama dengan berlari selama 16 menit.

Source: Science Alert

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600