web analytics
bank bjb Targetkan Penyaluran Kredit Ketahanan Pangan Rp1 Triliun
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada 14 May , 2018 | 06:05 WIB
bank bjb Targetkan Penyaluran Kredit Ketahanan Pangan Rp1 Triliun
Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan. (Ramdhani/ayobandung)

CITARUM, AYOBANDUNG--bank bjb menargetkan penyaluran kredit untuk ketahanan pangan senilai Rp1 triliun pada tahun 2018. Sampai April 2018, bank bjb tercatat telah menyalurkan kredit sebesar Rp200 juta dengan jangkauan seluruh Indonesia.

"Target kami Rp1 triliun untuk ketahanan pangan. Sudah tersalurkan Rp200 miliar. Ini wujud kontribusi kepada negara sesuai tagline bank bjb yaitu membangun Indonesia memahami negeri," ujar Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan beberapa waktu lalu.

Langkah tersebut membuktikan keberpihakan bank bjb dalam pemberdayaan sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan. Mengingat ketiga sektor memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan perekonomian di Indonesia.

Namun, tantangan hadir lewat kondisi cuaca tropis di Indonesia yang tidak menentu serta keterbatasan dari sisi sumber daya manusia. Untuk itu, bank bjb berkomitmen tidak hanya memberikan dana, tapi juga edukasi dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

"Kelemahan pelaku UMKM terdapat saat pascapanen. Untuk itu, kami melakukan edukasi dan pendampingan sehingga kredit yang diberikan berkualitas. Petani juga dapat meningkatkan kualitas produksinya," ujar Ahmad Irfan.

Pemberian edukasi dan pendampingan tidak hanya dilakukan di wilayah Jabar dan Banten. Sebelumnya, bank bjb telah melakukan kegiatan serupa pada tahun 2017 di Sumatera Selatan yang bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600