web analytics
20 Manfaat Lari Bagi Kesehatan
Oleh Husnul Khatimah, pada 05 May , 2018 | 09:27 WIB
20 Manfaat Lari Bagi Kesehatan
Ilustrasi. (Boldsky)

BUAH BATU. AYOBANDUNG.COM--Lari merupakan olahraga yang simpel dan hemat biaya karena Anda tidak memerlukan pelatih dan tidak harus pergi ke gym untuk berlari, yang Anda butuhkan hanyalah  jalur kosong di mana Anda dapat berlari.

Berlari bukan hanya suatu kebutuhan namun juga bisa menjadi pilihan gaya hidup sehat. Saat Anda berlari, Anda sebenarnya menggerakkan seluruh bagian dari tubuh Anda. Itu sebabnya, manfaat kesehatan dari lari sangat banyak.

Manfaat kesehatan dari berlari akan dirasakan oleh seluruh bagian tubuh Anda baik itu tulang, otot, otak atau bahkan sistem pencernaan. 

Melansir dari Boldsky berikut adalah manfaat kesehatan dari berlari

Menurunkan Berat Badan

Berlari adalah salah satu cara tercepat untuk membakar kalori. Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda harus berlari secara teratur. Ini juga mempercepat laju metabolisme Anda.

Jantung sehat

Berlari baik untuk jantung Anda. Ketika Anda berlari, sirkulasi darah Anda mendapat dorongan energi. Ini akan membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Sehat Untuk Tulang

Ini telah terbukti bahwa berlari membantu meningkatkan kepadatan tulang kaki Anda. Itu juga memperkuat tulang dan membuat tubuh Anda lentur.

Membakar Lemak

Ketika Anda ingin membakar lemak tidak ada latihan lain yang lebih baik daripada berlari. Berlari membakar lemak cukup cepat dan membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang Anda impikan.

Meningkatkan Kekebalan

Ini adalah fakta yang terbukti secara ilmiah dimana berlari akan meningkatkan kekebalan Anda terhadap penyakit. Anda kurang kebal terhadap penyakit seperti alergi, batuk dan pilek maka rajinlah berlari.

Meningkatkan Tingkat Energi

Terkadang, kelesuan adalah musuh terburuk bagi Anda. Jika Anda ingin merasa energik, Anda mungkin harus berlari. Olahraga ini akan meningkatkan energi Anda.

Menghilangkan Stres

Berlari adalah pengusir stres yang hebat. Ketika Anda berlari, Anda dipaksa untuk bernapas dalam-dalam dan itu membantu mengurangi tingkat stres Anda.

Mempercepat Fungsi Otak

Berlari pada dasarnya baik untuk sirkulasi darah Anda. Akibat berlari, sel-sel otak Anda mendapatkan lebih banyak darah beroksigen. Ini membantu Anda berpikir lebih cepat.

Bermanfaat Bagi Pencernaan

Dengan rutin lari pencernaan Anda akan semakin lancar. Ini juga akan meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Berlari secara teratur akan membantu Anda keluar dari masalah pencernaan yang kronis.

Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes pada dasarnya adalah gangguan gaya hidup. Meskipun Anda mungkin secara genetis condong ke diabetes, peluang Anda untuk menjadi diabetes lebih tinggi jika Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Berlari dapat mengurangi risiko diabetes.

Bagus Untuk Sendi

Ketika Anda berlari secara teratur, ligamen dan tendon Anda menjadi lebih kuat. Ini sangat mengurangi risiko cedera seperti pergelangan kaki bengkok atau cedera hamstring.

Tidur Nyenyak

Setelah berlari otot-otot Anda akan lelah sehingga membutuhkan istirahat hingga akhirnya menjadi solusi untuk masalah tidur yang berhubungan dengan stres Anda.

Memperlambat Penuaan

Berlari membuat Anda berkeringat dan ketika Anda berkeringat, semua racun dari tubuh Anda keluar dari pori-pori kulit. Ini membantu Anda terlihat lebih muda dan memiliki kulit yang sempurna.

Melawan Depresi

Ketika Anda berlari di bawah sinar matahari pagi hari, Anda melawan semua gejala depresi yang mungkin Anda miliki.

Mengurangi Tingkat Kolesterol

Kolesterol mengacu pada lemak yang berkumpul dalam arteri Anda. Berlari membantu membakar lemak ini dan dengan demikian melindungi Anda dari penyakit jantung.

Hemat Biaya

Anda tidak perlu treadmill, gym atau instruktur untuk menemukan jalur jogging dan mulai berlari. Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Membangun Stamina

Ketika Anda menjadi pelari biasa, Anda memiliki stamina yang jauh lebih baik untuk jenis latihan fisik lainnya. Anda bisa menaiki tangga dengan mudah dan mengangkat tas belanja berat tanpa terengah-engah.

Meningkatkan Kesehatan

Berlari juga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda dapat menjauhi diabetes, penyakit jantung dan depresi dengan berlari. Ini pasti membantu Anda menjalani kehidupan yang sehat.

Meningkatkan Suasana Hati

Ketika Anda berlari secara rutin, tingkat energi Anda naik, tubuh Anda terasa bugar dan suasana hati Anda juga terangkat. Ini memberi Anda rasa bahagia yang juga akan memberikan efek pada kinerja kerja dan hubungan pribadi Anda

Meningkatkan Nafsu Makan

Sehat Berlari membuat Anda lapar karena melemahkan energi Anda. Jika Anda memiliki gangguan makan, berlari adalah cara alami untuk menghadapi mereka dan mendapatkan nafsu makan yang sehat.

Boldsky.

Source: Boldsky

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600