web analytics
Ini Alasan Turis Malaysia Gemar Datang ke Bandung
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada 02 May , 2018 | 17:08 WIB
Ini Alasan Turis Malaysia Gemar Datang ke Bandung
Wisatawan di Saung Angklung Udjo. Agus Bebeng/ANTARA FOTO

SURAPATI, AYOBANDUNG.COM—Badan Pusat Statistik Jawa Barat mencatat kedatangan wisatawan asal Malaysia ke provinsi tersebut  pada Maret 2018 mencapai 70,26%, atau 10.509 orang.

Wisatawan asal Negeri Jiran datang ke Jabar melalui Bandara Husein Sastranegara.

"Jumlah kunjungan tersebut mengalami kenaikan sebesar 21,56% jika dibandingkan dengan bulan Februari 2018 dengan 8.645 wisatawan," ujar Kepala BPS Jabar, Dody Herlando, Rabu (2/5/2018).

Ragam alasan melatarbelakangi ketertarikan wisatawan Malaysia untuk datang ke Jabar, terutama Kota Bandung. Sebab, Bandung merupakan salah satu destinasi favorit untuk belanja bahan pakaian di kawasan Asia Tenggara.

Walau sebenarnya Bandung tidak sendirian. Soalnya Kota Bangkok di Thailand juga memberikan sarana serupa. Hanya saja Bandung memiliki kedekatan selera dengan mayoritas penduduk Malaysia. 

"Para pengusaha asal Malaysia ingin menjadikan negaranya sebagai pusat busana Muslim di Asia Tenggara. Jadi beli bahannya di Pasar Baru. Jabar dengan potensinya sebenarnya dapat lebih banyak menarik turis Malaysia, mengingat akan Ramadan," ujar Dody.

Adapun total kunjungan tamu mancanegara ke Jabar selama Maret 2018 yang masuk melalui Husein Sastranegara sebanyak 15.430 orang. Catatan tersebut mengalami peningkatan sebesar 26,35% dibandingkan dengan periode Februari.

Selain dari Malaysia, wisatawan asal Singapura menempati peringkat kedua dengan dominasi 21,86% atau sebanyak 3.269 orang. Catatan tersebut mengalami kenaikan signifikan sebesar 62,23% dari 2.015 wisatawan pada periode Februari 2018.

Peningkatan juga terjadi pada kunjungan wisatawan asal Filipina, Tiongkok, India, Australia, Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Perancis, dan Saudi Arabia. Sementara penurunan tercatat berasal dari wisatawan Thailand, Jepang, dan Korea Selatan.

"Pariwisata selalu naik selama dua tahun terakhur. Kini Pariwisata sudah menjadi andalan beberapa wilayah di Indonesia karena dapat menggerakan ekonomi masyarakat," ujar Dody.

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600