web analytics
Begini Dampak OTT Abubakar terhadap Pilkada
Oleh Mildan Abdalloh, pada 16 Apr , 2018 | 15:43 WIB
Begini Dampak OTT Abubakar terhadap Pilkada
Ilustrasi. (pixabay.com)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM--Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menjaring Bupati Bandung Barat nonaktif, Abubakar bersama beberapa orang kepala dinas, diprediksi akan berdampak besar terhadap proses Pilbup Bandung Barat 2018.

Pengamat Politik dan Pemerintahan Universitas Khatolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan Yusuf mengatakan, OTT dugaan korupsi di Bandung Barat yang melibatkan Abubakar akan berdampak secara psikologis dan politis terhadap orang-orang di sekitarnya.

"Secara politis dampaknya adalah pilihan masyarakat, apakah yang sudah terlibat dalam proses hukum korupsi masih cukup bisa menjadi pilihan atau tidak," tutur Asep kepada ayobandung, Senin (16/4/2018).

Secara psikologis, pasangan calon di lingkaran Abubakar akan gagap ketika ditanya komitmen terhadap pemerintahan bersih tanpa korupsi.

Dampak tersebut akan secara langsung dirasakan oleh pasangan Elin Suharliah-Maman S Sunjaya. Walaupun pasangan nomor urut 1 tersebut tidak dinyatakan terlibat secara langsung, tapi kasus OTT yang menyeret nama Abubakar beserta beberapa kepala dinas membawa nama pasangan "Emas" tersebut.

"Artinya apa yang dikatakan, berbeda dengan kenyataan. Apalagi ini menyangkut dana APBD. Kalau suap dari swasta, mungkin tidak terlalu khawatir pada sumber uangnya. Tapi kalau dari APBD apalagi kepala dinas yang bertanggung jawab itu akan menjadi masalah," katanya.

Dampak terbesar yang mungkin saja akan terjadi adalah kekalahan pasangan Emas. Terlebih, jika kasus tersebut "digoreng" secara masif dan sistematis oleh lawan politiknya.

Sebab, korupsi di Indonesia sudah menjadi musuh bersama, sehingga pasangan calon dalam Pilkada yang terindikasikan melakukan tindak pidana korupsi, hampir dipastikan mengalami kekalahan. Asep mencontohkan kasus yang membelit mantan Walikota Cimahi Atty Suharti tahun lalu.

"Di Cimahi Atty juga kalah setelah sebelum pemilihan ditetapkan menjadi tersangka, memang ada contoh lain di Sulawesi Utara yang calon sudah tersangka dan ditahan tapi ternyata menang dalam Pilkada. Namun pada umumnya kalah," imbuhnya.

Dengan begitu, tim pemenangan menjadi penting untuk membangun kembali imej pasangan tersebut lebih bersih.

"Kalau masyarakatnya tidak terlalu melek atau peduli dengan informasi yang berkembang, bisa saja menang. Makanya tim sangat berpengaruh walaupun kalau sudah seperti sekarang agak susah mengangkat citra calonnya," tutupnya.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600