web analytics
Peranan Tim Kesehatan di Lokasi TMMD saat Satgas Sakit
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada 14 Apr , 2018 | 05:35 WIB
Peranan Tim Kesehatan di Lokasi TMMD saat Satgas Sakit
Kegiatan pekerjaan fisik TMMD Reguler 101 Purbalingga yang banyak menguras tenaga dan pikiran, membuat salah satu anggota satgasnya sakit, Selasa (10/4/2018) malam.

PURBALINGGA, AYOBANDUNG.COM--Kegiatan pekerjaan fisik TMMD Reguler 101 Purbalingga yang banyak menguras tenaga dan pikiran, membuat salah satu anggota satgasnya sakit, Selasa (10/4/2018) malam.

Menjelang pukul 21.45 WIB, Kopda Dwi Indriyanto, Satgas TMMD dari Yonif 406/Chandra Kusuma menderita sakit demam dan muntah akibat perubahan cuaca dan kondisi badan yang kurang fit.

Di sinilah peranan kesehatan lapangan dalam mendukung pelaksanaan tugas TMMD di lapangan. Kopda Ali dari Denkesyah Purwokerto, segera mengecek kondisi kondisi salah satu anggota satgas tersebut, mulai dari memeriksa tekanan darah, denyut nadi maupun, temperatur badan.

Tidak lupa, Kopda Ali mengecek lidah satgas tersebut, guna mengantisipasi yang bersangkutan menderita gejala typus.

“Alhamdulillah, Kopda Dwi hanya mengalami demam biasa. Mungkin karena faktor cuaca dan kelelahan, ditambah kurang memperhatikan makan," ujarnya.

Penanganan pertama di lapangan mutlak diperlukan guna menghindarkan terjadinya korban jiwa baik dari satgas maupun warga selama TMMD Reguler 101 Kodim 0702/Purbalingga berlangsung. Terlebih sakit yang dialami satgas tersebut terjadi waktu malam hari. Untuk evakuasi korban, jika diperlukan segera di lakukan keesokan harinya di Puskesmas Desa Karangjambu yang letaknya tidak jauh dari Posko TMMD.

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600