web analytics
Lima Rempah Terbaik untuk Bumbu Masak
Oleh Fathia Uqim, pada 13 Apr , 2018 | 09:19 WIB
Lima Rempah Terbaik untuk Bumbu Masak
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Indonesia kaya akan rempah-rempah. Karena itu pula kuliner khas Indonesia kaya akan rasa rempahnya yang menggoda. Tak heran jika orang Indonesia di perantauan sana sering rindu dengan kuliner kampung halamannya.

Rempah punya manfaat luar biasa. Selain memperkaya rasa, rempah-rempah bisa menghilangkan dan mencegah berbagai penyakit. Misalnya saja menyegarkan badan, meningkatkan kinerja dan memori otak, juga menjadi antioksidan bagi tubuh.

Melansir Boldsky, berikut lima rempah yang punya manfaat tokcer kalau digunakan dalam masakan.

 

Basil

Basil adalah salah satu bahan ramuan kuliner yang paling penting. Ia biasa digunakan untuk membuat saus pesto di Italia. Basil digunakan dalam saus, sandwich, salad, dan sup. Ia dapat dipasangkan dengan tomat untuk membuat salad.

Tak hanya itu, basil juga cocok dicampur dengan keju mozzarella, minyak zaitun, dan keju. Ini juga dapat digunakan di hampir semua jenis daging atau makanan laut. 

Peterseli

Peterseli adalah salah satu bahan ramuan paling umum dan serbaguna yang digunakan dalam memasak karena memiliki rasa pedas ringan yang melengkapi bumbu lainnya. Peterseli paling sering digunakan dalam salad, saus, dan ditaburkan di atas satu sajian kuliner dalam piring. Peterseli memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C dan vitamin A. Vitamin C dapat membantu menjaga usus yang sehat.

Cilantro/Ketumbar

Cilantro juga dikenal sebagai ketumbar. Dia memiliki rasa yang kaya dan digunakan di hampir semua jenis masakan. Banyak orang yang kecanduan dengan rasanya karena bisa menyegarkan dan merupakan bahan makanan pokok dari masakan latin dan Asia. Ketumbar biasanya dimakan mentah atau ditambahkan dalam masakan.

Ketumbar memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti membantu menyingkirkan logam berat dari tubuh, melindungi diri dari stres, menurunkan kadar gula darah, dan mencegah infeksi saluran kemih.

Min

Min biasanya dicampurkan ke makanan atau minuman manis. Min mampu menambahkan rasa dingin ke dalam sajian. Min segar juga sangat cocok untuk salad saat musim panas, campuran saus, dan teh.

Min mampu meningkatkan pencernaan dan menenangkan perut saat terjadi peradangan. Minumlah secangkir teh min untuk mendapatkan rasa lega saat perut terasa terganggu.

Rosemary

Rosemary memiliki rasa pedas dan biasa digunakan dalam bentuk basah ataupun kering. Bahan ini bisa ditambahkan ke dalam sajian sup, serba-serbi rebusan, atau saus.

Rosemary punya manfaat untuk meningkatkan memori, menghilangkan rasa stres, meningkatkan kekebalan tubuh, menenangkan perut, menyegarkan napas, dan menstimulasi aliran darah untuk mengurangi rasa sakit.

Source: Boldsky

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600