web analytics
Kenapa Slipknot Selalu Mengenakan Topeng?
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada 13 Apr , 2018 | 13:04 WIB
Kenapa Slipknot Selalu Mengenakan Topeng?
Slipknot. (spirit-of-metal.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Slipknot adalah rahasia. Mereka terkesan begitu misterius dan anti popularitas. Personel band beraliran metal asal Amerika Serikat tersebut selalu bersembunyi di balik topeng jester, clown, kabuki, hockey, dan lainnya.

Sebenarnya Slipknot pernah tampil tanpa mengenakan topeng seperti dalam video klip "Before I Forget". Namun sudut pengambilan video yang disajikan hanya sampai pada bagian leher. Sehingga hanya dagu para personel yang terlihat.

Slipknot punya alasan untuk melakukan itu. Sang vokalis, Corey Taylor menegaskan, penggunaan topeng merupakan salah satu cara agar para personel dapat lebih mendekatkan diri dengan musik yang dimainkan.  

Ketika mengenakan topeng, Corey merasa menjadi individu yang berbeda sehingga tidak terganggu dengan segala aktivitas di luar musik. Langkah tersebut dinilai dapat memberikan kenikmatan dan meningkatkan fokus lebih dalam bermusik.

"Mengenakan topeng merupakan cara kami agar dapat dekat dengan musik yang dimainkan. Cara untuk membuat kami tidak mengingat aktivitas di luar musik," ujar Corey seperti dikutip dari Blabbermouth.

Shawn Crahan menjadi inisiator di balik ide pemakaian topeng ketika Slipknot bersiap melakukan penampilan panggung pertama tahun 1995 lalu. Hari itu, bertepatan dengan perayaan Halloween.

Halloween merupakan perayaan celtic kuno, yang meyakini roh mati dapat bertemu dengan manusia hidup. Kepercayaan tersebut yang membuat suku Kelt mengenakan kostum menyeramkan menyerupai roh mati ketika Halloween. 

Awalnya ide Crahan tidak langsung dilakukan. Namun pada tahun 1997 konsep penggunaan topeng dilengkapi pakaian berbentuk jumpsuit mulai rutin dikenakan. Pemakaian jumpsuit, dimaksudkan sebagai bentuk kritik halus dan respon terhadap komersialisasi bisnis musik ketika itu.

Persembunyian Slipknot di balik topeng mengerikannya perlahan menguak. Berawal ketika terjadi perselisihan antar personel. Kejadian tersebut, yang membuat beberapa personel mengerjakan proyek musik pribadi.

Corey dan Jim Root kembali pulang pada band yang membesarkan mereka yakni Stone Sour. Crahan terlihat sangat sibuk dengan proyek rock bersama To My Surprise. Sementara sang drumer, Joey Jordison, mendirikan band beraliran glam metal Murderdolls. 

Hingga akhirnya sang bassist yakni Paul Gray meninggal dunia. Peristiwa tersebut yang kemudian membuat seluruh personel Slipknot tampil tanpa topeng di depan kamera sebagai bentuk penghormatan kepada Gray. 

Kini, Slipknot tengah menggarap album terbaru mereka yang direncanakan akan rilis tahun 2019 mendatang. Lambatnya proses penggarapan album tersebut karena personel Slipknot tengah sibuk dengan proyek pribadinya masing-masing.

"Kami akan mencoba merilis album tahun depan walau hanya spekulasi. Karena cara terbaik untuk membuat Tuhan tertawa adalah dengan mengumumkan rencana dengan kencang," ujar Corey seperti dikutip dari New Musical Express

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600