web analytics
10 Miras dengan Kadar Alkohol Tertinggi di Dunia
Oleh Hengky Sulaksono, pada 13 Apr , 2018 | 11:56 WIB
10 Miras dengan Kadar Alkohol Tertinggi di Dunia
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Bagi sebagian orang, mengonsumsi minuman beralkohol menjadi sesuatu yang menantang. Diakui atau tidak, terdapat satu adat tak tertulis yang mengikat para peminum: semakin kuat yang mereka lakukan, semakin tinggi kadar alkohol yang ditenggak, semakin terang benderang pula reputasi orang tersebut di lingkaran pergaulannya.

Bagi kamu yang hobi menantang diri dan punya hasrat untuk meraih reputasi ini, tak ada salahnya mencoba minuman yang ada dalam daftar ini. Berikut 10 jenis miras dengan kadar alkohol terkuat versi Lords of the Drinks. Kesepuluh minuman ini, konon, bisa dijadikan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Jadi, bersiaplah dengan sensasi tenggorokan terbakar dan perut koyak yang bakal kamu rasakan.

 

10. Sunset Very Strong Rum (84,5%)

Minuman ini merupakan rum putih yang berasal dari Saint Vincent, Kepulauan Karibia. Sejak dari nama, Sunset Very Strong Rum memang sudah menunjukkan kegarangannya. Sunset memiliki kandungan alkohol 84,5%. Lebih dari cukup untuk bisa menghadirkan sensasi tenggorokan terbakar saat meneguknya.

9. Balkan 176 (88%)

Vodka ini diproduksi di Serbia secara terbatas. Selama proses pembuatan, vodka ini disuling sebanyak tiga kali. Dalam setiap botolnya tercantum tidak kurang 13 peringatan kesehatan untuk menjelaskan efek samping yang bisa ditimbukan ketika kamu mengonsumsinya. Karena itu, tak keliru jika sebagian orang menjuluki Balkan 176 sebagai minuman pembunuh.

8. Pincer Shanghai Strength (88,8%)

Pincer Shanghai Strength adalah vodka botani dengan kadar alkohol 88,8%. Pincer dibuat di Skotlandia. Salah satu bahannya adalah tanaman milk thistle, yang dipercaya punya khasiat sebagai obat untuk hati.

7. Hapsburg Gold Label Premium Reserve Absinthe (89,9%)

Bisa dibilang, Republik Ceko saat ini merupakan tanah yang menjanjikan bagi para pecinta absinthe (liquor yang dibuat dari daun-daunan), karena negara ini memiliki berbagai macam merek. Banyak dari mereka memiliki persentase alkohol tinggi, dan Hapsburg Gold Label Premium Reserve merupakan absinthe dengan kadar alkohol tertinggi di antara yang lain. Kandungan alkohol dalam Hapsburg mencapai 89,9%.

6. Poteen (90%)

Poteen merupakan minuman kuat khas dari Irlandia, terbuat dari barley (tanaman biji-bijian), kentang, dan whey atau gandum. Konon, minuman ini sudah ada sejak abad ke-6. Miras ini juga sempat dilarang beredar alias ilegal selama 300 tahun, hingga akhirnya dilegalkan pada tahun 1977. Jenis yang paling kuat yang tersedia di toko-toko saat ini adalah mereka yang memiliki persentase alkohol 90%.

5. Bruichladdich X4 (92%)

Bruichladdich merupakan sejenis wiski. Minuman ini dibuat dari bahan baku biji-bijian serealia dan berasal dari Skotlandia. Selama pembuatan, Bruichladdich mengalami setidaknya empat kali proses penyulingan dan memiliki kadar alkohol 92%. Bruichladdich menjadi terkenal saat stasiun televisi BBC beberapa tahun lalu sempat melakukan simulasi menggunakan minuman ini sebagai bahan bakar mobil. Hasilnya? Mobil berjalan mulus.

4. Everclear (95%)

Berasal dari Amerika, minuman ini memiliki kadar alkohol 95%. Besarnya kandungan alkohol membuat minuman berapi ini sanggup membuat siapa pun yang menenggaknya merasa terbakar. Tentu saja minuman ini tak dianjurkan bagi mereka yang punya kondisi fisik lemah, apalagi mengidap penyakit jantung.

3. Spirytus Rektyfikowany (96%)

Spirytus merupakan jenis vodka yang sangat kuat yang terbuat dari biji-bijian dengan kandungan alkohol mencapai 96%. Keberadaan Spirytus merepresentasikan kebiasan dan kekutan peminum di negara asalnya, Polandia, yang memang luar biasa. Polandia memiliki rekor dunia tidak resmi di mana kandungan alkohol darah warganya merupakan yang tertinggi di dunia.

2. Cocoroco (96%)

Miras ini berasal dari Bolivia. Cocoroco disuling dari gula tebu dan dikemas menggunakan kaleng, bukan botol. Cocoroco dilarang di banyak negara lain karena persentase alkohol 96%--persis seperti Spyritus--yang dianggap terlalu kuat. Di negara tetangga Bolivia, Chile misalnya, tidak ada minuman yang bisa melebihi 55% alkohol menurut undang-undang.

1. Eesti Piiritus (96,6%)

Gelar minuman dengan kadar alkohol tertinggi di dunia jatuh pada Eesti Piiritus. Minuman ini berasal dari negara kecil di kawasan Baltik, Estonia. Seperti di sebagian besar bekas Uni Soviet, penduduk setempat tahu bagaimana memperlakukan minuman keras mereka. Estonia juga merupakan tujuan yang sangat populer bagi wisatawan alkohol dari Skandinavia yang mahal, terutama Swedia dan Finlandia. Dengan Eesti Piiritus, orang-orang Estonia membuat Guiness Book of Records untuk minuman beralkohol terkuat pada tahun 1938 dengan kadar 98%. Saat ini mereka terus memproduksi minuman keras dan meningkatkan kadar alkoholnya hingga mencapai 96,6%.

 

Jika kamu memang punya hobi memacu adrenalin, minuman-minuman yang ada di daftar ini tentu saja laik dicoba. Tapi kalau kamu hanya punya ambisi membabi buta, menenggak minuman-minuman ini--tanpa kondisi fisik ultraprima--sangat tak dianjurkan. Kamu bisa merasakan pelbagai efek samping yang niscaya, macam lepas tulang persendian, lambung dan tenggorokan bocor, hilang kewarasan, atau hilang nyawa.

Source: Lords of the Drinks

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600