web analytics
Hasil Studi: Mesin Pengering Tangan Transferkan Bakteri Pada Tubuh
pada 12 Apr , 2018 | 13:51 WIB
Hasil Studi: Mesin Pengering Tangan Transferkan Bakteri Pada Tubuh
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Katanya, mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit. Namun, berhati-hatilah jika Anda menggunakan pengering tangan di toilet-toilet yang ada di fasilitas publik. Sebab, mengeringkan tangan di sana bisa berbahaya untuk tubuh.

Melansir Observer, sebuah penelitian anyar di University of Connecticut, AS, menyebutkan bahwa alat pengering tangan menyedot bakteri dan spora lain yang berkeliaran di kamar mandi. Namun, ketika ada seseorang yang menggunakan pengering tersebut, bakteri yang sama akan masuk ke dalam tangan saat dikeringkan.

Peneliti menempatkan 36 piringan berlapis glukosa pada pengering tangan di toilet umum. Itu dilakukan untuk melihat seberapa banyak bakteri yang dikeluarkan saat alat pengering menyala.

Saat menyala selama 30 detik, rata-rata 18 hingga 60 bakteri muncul di piring. Angka ini jauh lebih tinggi dari beberapa kasus. Pada satu titik, 254 bakteri mendarat di piring dalam waktu kurang dari satu menit.

Tak hanya itu, berkat aliran udara dari pengering, bakteri juga didistribusikan ke seluruh ruangan toilet.

“Di mana pun ada orang, di sana akan ada bakteri,” ujar penulis studi, Peter Setlow, seorang profesor biologi molekuler dan biofisika di University of Connecticut.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan 64 jenis bakteri beragam. Salah satunya adalah Staphylococcus aureus, bakteri umum yang biasanya terkait dengan keracunan makanan hingga infeksi pernapasan.

Kuman-kuman itu bukan hanya berasal dari alat pengering. Bisa jadi, bakteri tersebut juga berasal dari kloset di toilet umum yang jarang ditutup.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Applied and Environmental Microbiology ini juga mencatat bahwa spora dari toilet yang disiram sering membawa Clostridium difficile, bakteri yang menyebabkan diare.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memasang filter HEPA di alat pengering tangan. Ketika para peneliti melakukan hal tersebut, jumlah bakteri berkurang empat kali lipat.

Namun, patogen tidak hilang sepenuhnya. Tindakan yang paling higienis yang bisa Anda lakukan adalah mengeringkan tangan dengan tisu atau handuk.

Source: Observer

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media

Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600