web analytics
Ini Alasan Pentingnya Mendongeng untuk Anak-anak
Oleh Fathia Uqim, pada 07 Apr , 2018 | 18:22 WIB
Ini Alasan Pentingnya Mendongeng untuk Anak-anak
Kegiatan mendongeng di Sekolah Gagas Ceria, Sabtu (7/4/2018)
BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Aktivitas mendongeng identik dekat dengan anak-anak, orang tua, dan guru. Padahal, mendongeng dapat dinikmati untuk siapa saja. Karena mendongeng memiliki arti bercerita. 
 
Setiap orang tentu memiliki rasa senang untuk mendengarkan cerita, seperti menonton film, atau bercerita layaknya berbagi pengalaman atau mencurahkan perasaannya kepada orang lain. 
 
Semakin hari, cerita menjadi hal yang disenangi oleh semua usia. Karena maraknya sinetron dan drama korea yang ditonton oleh jutaan umat manusia. Begitu pula dengan berdongeng. 
 
Pendongeng Internasional, Ario Zidni mengatakan mendongeng merupakan hal yang harus diketahui apalagi untuk anak dan orang tua. Bahkan, di komunitas yang didirikan Ario membuka kelas mendongeng untuk siapa saja. 
 
"Ada reporter, guru, karyawan yang ingin bisa mendongeng," kata Ario saat ditemui di Gagas Ceria Charity For Books 4, Sabtu (7/4/2018). 
 
Banyak manfaat mendongeng, lanjutnya, yang bisa didapatkan oleh sang pendongeng dan pendengar. Anak-anak terutama, melatih imajinasi dan mencapai kreativitasnya. Makanya, Ario berpesan supaya dongeng tidak menceritakan kenyataan, tetapi fantasi agar anak dapat membayangkannya. 
 
Ariyo mengungkapkan, profesi pendongeng menjadi perhatian beberapa pihak. Sudah banyak orang yang menjadi pendongeng sebagai profesi utama. Karena pendongeng bukan hanya dipakai saat acara-acara besar, ulang tahun, dan hiburan. 
 
"Beberapa perusahaan merekrut pendongeng untuk menjelaskan produk mereka kepada khalayak, misalnya," ujar Ariyo. 
 
Kendati demikian, mendongeng adalah hal yang perlu dipelajari oleh setiap orang. Karena mereka perlu berdongeng kepada anak-anaknya atau muridnya di sekolah. 
 
Ira Juhartinah, Wakil Kepala Sekolah Non-Akademik Gagas Ceria mengatakan hadirnya pendongeng agar anak-anak tertarik dengan cerita. 
 
"Selain meningkatkan minat baca anak lewat dongeng, anak akan mencari tahu soal buku yang dibacakan pendongeng. Buku-buku ringan diceritakan supaya menarik," kata Ira. 
Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600