web analytics
Rusia Berharap Berkat Kala Jadi Tuan Rumah
pada 04 Apr , 2018 | 14:44 WIB
Rusia Berharap Berkat Kala Jadi Tuan Rumah

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Rusia berharap pesta sepakbola terakbar sejagat raya, Piala Dunia 2018, yang digelar di negaranya mendatangkan tuah untuk mencapai prestasi setinggi langit.

Tim dengan julukan Beruang Merah ini berpartisipasi sebanyak 10 kali dari 21 penyelenggaraan Piala Dunia sejak digelar pertama kali pada 1930. Tujuh di antaranya ketika Rusia masih bernama Uni Soviet.

Prestasi terbaik Uni Soviet adalah peringkat empat saat Piala Dunia 1966 di Inggris. Sedangkan setelah menjadi Rusia, peringkat tertingginya di urutan 18 ketika berkiprah di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Perjalanan Rusia di ajang sepakbola antarnegara tak berjalan mulus. Sempat menggunakan pelatih kaliber dunia macam Fabio Capello dan Guus Hiddink, tapi prestasi Rusia tetap kurang mencolok.

Persatuan Sepakbola Rusia akhirnya memutuskan untuk menggunakan pelatih lokal dalam menghadapi Piala Dunia 2018. Terpilihlah nama Stanislav Cherchesov. Pria berusia 54 tahun ini mulai menukangi timnas Rusia sejak Agustus 2016.

Langkah pertama Cherchesov untuk memperbaiki timnya adalah memilih pemain baru di lini belakang. Ia "membuang" sejumlah pemain veteran dan menggantikannya dengan pemain muda. Tiga talenta yang dibawa Cherchesov adalah Viktor Vasin (CSKA), Fedor Kudryashov (Rubin Kazan), dan Georgi Dzhikiya (Spartak Moscow).

AYO BACA : Mesir dan Beban Berat Mo Salah

Cherchesov lebih suka memainkan tiga bek ketimbang formasi konservatif yang menggunakan empat pemain belakang. 

Sementara di lini tengah, pemain muda yang bakalan menjadi andalan Cherchesov adalah si kembar Aleksei dan Anton Miranchuk dari Lokomotiv Moscow serta Aleksandr Golovin yang bermain di CSKA. Tak lupa gelandang haus gol Alan Dzagoev yang sudah mencetak enam gol.  

Soal urusan menggedor jala gawang, Rusia memiliki pilihan striker yang terbilang tajam yaitu Fyodor Smolov dan Aleksandr Kokorin. Keduanya masing-masing menyumbangkan 12 gol dalam satu tahun terakhir.

Di bawar mistar, posisi Igor Akinfeev tak tergoyahkan. Akinfeev merupakan pemain senior dan dipercayai untuk menjadi kapten.

Rusia tergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Mesir, dan Uruguay.

Pertandingan pertama Rusia adalah melawan Arab Saudi sekaligus pertandingan pembuka Piala Dunia 2018. Laga akan digelar pada 14 Juni di Stadion Luzhniki Stadium.

Pertandingan selanjutnya melawan Mesir pada 19 Juni dan terakhir melawan Uruguay pada 25 Juni. 

AYO BACA : Arab Saudi Ingin Lepas dari Predikat Tim Penggembira

Source: FIFA/skysports

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600