web analytics
Ajak Buah Hati Jalan-Jalan ke Empat Tempat Ini Agar Lepas dari Gawai
Oleh Fathia Uqim, pada 29 Mar , 2018 | 15:35 WIB
Ajak Buah Hati Jalan-Jalan ke Empat Tempat Ini Agar Lepas dari Gawai
Dua orang anak sedang bermain make up karakter dalam kegiatan Komunitas Youth Grooming, Bandung. (ayobandung/Fathia Uqim)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Kini setiap orang dewasa memiliki ponsel pintar. Tak terkecuali, bocah-bocah cilik yang difasilitasi ponsel pribadi oleh para orang tua. Alih-alih anak tidak rewel, pemberian ponsel itu justru membahayakan bagi anak.

Maraknya ponsel pintar zaman sekarang tidak bisa dibendung lagi. Informasi baik, buruk, dan bohong bermunculan setiap hari. Apalagi gambar dan video tak baik yang mudah diakses menjadi riskan dilihat oleh anak.

Kecanduan terhadap ponsel jadi masalah orang tua zaman sekarang. Ada yang tidak bisa hidup tanpa ponsel pintar, bahkan cenderung pasif dan tidak bergaul dengan dunia nyata.

Nah, untuk mengatasinya, orang tua zaman sekarang seharusnya bisa mengalihkan perhatian anak-anak kepada hal-hal yang lebih positif. Di Bandung, ada beberapa lokasi di mana Anda bisa mengajak buah hatimu bermain sekaligus belajar. Anda juga tak perlu takut buah hatimu akan ketergantungan pada gawai.

ayobandung merangkum beberapa tempat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membawa buah hatimu bermain.

 

Bermain di Kidzoo Paris Van Java

Destinasi wisata murah dan dekat dengan rumah menjadi rekomendasi keluarga. Kidzoo, sebuah wahana memberi makan ternak di Sky Garden Paris Van Java Mall. Tidak ke peternakan di desa nun jauh di sana, Kidzoo bisa mengenalkan anak dengan dunia ternak. Seperti sapi, domba, kambing, kelinci dan masih banyak lagi. Harga tiket Rp 70.000 untuk satu orang anak dan satu pendamping dewasa. Anak akan diberi paket makanan untuk pakan dan sebotol susu untuk ternak.

Kegiatan ini jadi edukasi bagi anak soal macam-macam binatang, berkasih sayang kepada binatang, dan berani memberi makan ternak. Tenang saja, Kidzoo tidak memberikan batasan waktu bagi pengunjung yang ingin bermain-main bersama hewan ternak di sana.

“Karena niatnya wahana ini untuk pendidikan anak. Biarkan mereka senang dan bahagia dengan binatang. Supaya tidak candu melulu dengan gadget,” kata pemilik Kidzoo, Iskak Prayitno kepada ayobandung.

Selain memberi makan ternak, anak dapat menaiki kereta domba untuk mengelilingi Sky Garden. Harganya Rp 25.000 per anak. Karena hanya ada satu kereta domba yang muatannya untuk empat anak, jadi siap-siap menunggu jika dombanya harus istirahat dulu, ya.

Bergabung di Youth Grooming Community

Komunitas yang bergerak di pengembangan minat dan bakat ini bisa menjadi pilihan seru untuk beraktivitas. Setiap hari Sabtu di Lucky Square, Antapani, Bandung, Youth Grooming Community menggelar kelas modeling, make up karakter, dan public speaking untuk anak.

Pendiri komunitas, Novianti Sulusiah, mengatakan bahwa kecanduan anak terhadap gawai perlu dibenahi. Salah satunya dengan kegiatan yang membawa kemampuan baru pada anak dan mengalihkan aktivitas penggunaan gawai. “Akibatnya, anak jadi tidak mengenal lingkungannya sendiri,” ujar Novi kepada ayobandung.

Komunitas ini, lanjutnya, akan menggerakan literasi budaya pada anak. Hal itu dilakukan supaya minat baca anak kembali terbangun dan anak juga punya kesempatan untuk mengenal berbagai tokoh, legenda, dan budaya Indonesia. Kemudian, hasil baca anak harus diimplementasikan menjadi make up karakter yang dibuat oleh anak itu sendiri.

Baca Buku di Perpustakaan Elmuloka

Ada perpustakaan umum di dalam Sekolah Gagas Ceria, Jalan Malabar, Bandung. Meski berada di lingkungan sekolah, Elmuloka terbuka bagi siapa saja yang hendak membaca, meminjam, dan berkegiatan di dalamnya.

Meski masih banyak warga yang belum tahu jika Elmuloka dapat diakses oleh umum, Karin Karina, selaku pengurus perpustakaan, giat mensosialisasikan Elmuloka kepada khalayak.

“Kami mengundang komunitas literasi untuk mengadakan acara di sini,” ujar Karin kepada ayobandung.

Elmuloka memiliki desain perpustakaan yang segar. Ruangannya sejuk, luas, dan berwarna-warni. Anak tidak akan mengantuk jika mengunjungi Elmuloka lantaran koleksinya mencapai angka 7.000 buku. Orang tua pun bisa ikut membaca di lantai kedua.

Perpustakaan dibuka setiap hari Senin sampai Sabtu dari pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB.

Bermain di Alun-Alun Regol

Taman yang luas dan indah di Regol bisa menjadi alternatif bermain anak. Selain pekarangannya luas, anak bisa bermain air di kolam. Tak heran, kolam air selalu dipenuhi anak-anak.

Tak hanya itu, di sana juga ada mobil-mobilan yang disewakan. Harga sewanya Rp 10.000 untuk 10 menit permainan.

Di akhir pekan, Alun-Alun Regol akan ramai dipenuhi pengunjung. Jangan khawatir kelaparan, karena pedagang makanan berhamburan di pinggir alun-alun.

Tidak ada biaya untuk bermain di sana. Pengunjung bisa sepuasnya menikmati quality time supaya anak tidak melulu memegang gawainya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600