web analytics
Melongok Tanjung Benoa
Oleh Hengky Sulaksono, pada 26 Mar , 2018 | 16:01 WIB
Melongok Tanjung Benoa
Wisatawan memadati pesisir pantai Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Sabtu (26/3). (ayobandung/Irfan Alfaritsi)

BADUNG, AYOBANDUNG.COM--Deretan wahana olahraga air yang berjejer langsung mencuri perhatian saat langkah kaki pertama mendarat di hamparan Pantai Tanjung Benoa, Bali. Puluhan wahana air itu siap mengantarkan wisatawan bertualang dengan berbagai cara menikmati suasana laut yang tenang.

Pantai yang berada di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini memiliki perairan yang sungguh tenang. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang berada di Kuta, Sanur, atau Uluwatu yang berombak besar. Kondisi ini menjadikan kawasan Pantai Tanjung Benoa sebagai satu-satunya tempat bagi permainan olahraga air yang amat representatif di Pulau Dewata.

Wisatawan dari dalam maupun luar negeri tak pernah sepi mengunjungi Tanjung Benoa. Di sini, para pelancong bisa menikmati berbagai wahana macam parasailing, banana boat, jet ski, fly fish, scuba diving, snorkeling, water ski, rolling donut, seawalker, dan lain-lain. Wahana-wahana ini disediakan pelbagai operator dengan harga yang bersaing.

Tak cuma bisa menikmati pelbagai varian olahraga air, pelancong juga bisa mengunjungi Turtle Island alias Pulau Penyu yang masih berada di kawasan Tanjung Benoa. Untuk menjangkau Pulau Penyu, pelancong bisa menggunakan wahana perahu motor glass bottom boat. Perahu ini dilengkapi kaca bening di bagian bawah yang memungkinkan penumpang melongok keindahan panorama bawah laut dari balik kaca. 

Sebelum menjangkau Pulau Penyu, pelancong bakal dibawa menuju bagian tengah perairan yang terletak sekitar 200-300 meter dari bibir pantai. Di sana wisatawan diajak melihat-lihat rombongan ikan laut sembari memberi pakan berupa roti tawar yang disediakan di atas kapal.

Selepas itu, perahu motor bakal mengarah ke Pulau Penyu. Waktu yang dibutuhkan menjangkau pulau bergantung pada kecepatan perahu. Jika pengemudi perahu agak hobi ngebut dan ugal-ugalan, perahu yang ditumpangi bisa sampai dalam waktu tak lebih dari lima menit. Jika pengemudi lebih suka bersantai, dibutuhkan waktu 10-15 menit untuk sampai ke beranda pulau. 

Tiba di halaman Pulau Penyu, sebuah gerbang sederhana berukuran kecil menyambut kedatangan wisatawan. Gerbang itu merupakan jalan masuk menuju kawasan wisata Turtle Island Bali. Sebelum masuk, pengunjung dikenakan biaya masuk Rp10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan mancanegara. Bagi anak-anak dikenakan harga Rp10.000 untuk asing dan Rp5.000 untuk lokal. Sebagian penjualan tiket digunakan mengongkosi perawatan penyu dan binatang lain yang ada di tempat pelestarian.

Puluhan penyu berbagai ukuran bisa dijumpai di bagian dalam. Kebanyakan dari mereka, tentu saja lebih memilih meringkuk di dalam air kolam. Terdapat beberapa kolam penangkaran penyu di sini. Pengunjung juga diperbolehkan berfoto ria bersama binatang lucu ini asalkan tak menyakiti mereka.

Wisatawan asal Kabupaten Sragen, Ria Susianti (38), datang bersama keluarga kecilnya ke Pulau Penyu pada Sabtu (24/3/2018) lalu. Dia yang baru pertama kali mengunjungi destinasi ini mengaku terpukau dengan kelucuan penyu-penyu di pulau. 

"Lucu-lucu, ya, penyunya. Bisa dipegang, difoto juga. Tempatnya juga bagus. Banyak satwa-satwa lain. Bisa dilihat-lihat dan difoto-foto juga," kata Ria. Pulau Penyu memang nampak seperti kebun binatang mini. Berbagai satwa di luar penyu macam kelelawar, burung hantu, ular, monyet, hingga iguana, ada di pulau ini. Di bagian tengah kebun binatang ini terdapat patung penyu berukuran besar yang bisa juga diandalkan sebagai objek foto.

Tak perlu waktu berlama-lama mengunjungi Pulau Penyu ini. Cukup alokasikan waktu sekitar 30 menit untuk berkeliling. Jika sudah puas berkeliling, pelancong bisa mencari pelbagai macam cendera mata khas untuk dibawa pulang. Berbagai karya keterampilan tangan pengrajin lokal berbentuk penyu dengan mudah bisa dijumpai.

Foto - foto : Irfan Alfaritsi/Hengky Sulaksono

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600