web analytics
Diprediksi 124.000 Warga Jabar Derita Tuberkulosis
Oleh Husnul Khatimah, pada 22 Mar , 2018 | 18:03 WIB
Diprediksi 124.000 Warga Jabar Derita Tuberkulosis
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Dodo Suhendar. (AyoMediaNetwork/Husnul Khatimah)

CISARUA, AYOBANDUNG.COM–Setidaknya 124.000 jiwa di Jawa Barat diprediksi terkena penyakit menular infeksi paru-paru tuberkulosis alias TB.

"Di Jawa Barat (diperkirakan) sekitar 124.000-an yang terinfeksi, tapi baru 64% yang dapat ditemukan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar saat ditemui ayobogor di Rumah Sakit Paru Goenawan Partowidigdo, Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (22/3/2018).

Dodo mengatakan jika hal tersebut menjadi tugas bersama, terutama bagi tenaga kesehatan untuk menemukan masyarakat yang diduga terinfeksi TB, untuk kemudian diobati dan mencegah penularan. Hal ini tentu tidak lepas dari terwujudnya Indonesia bebas penyakit TB pada tahun 2030 mendatang.

"Kita punya cita-cita tahun 2030 bebas TB. Nah, saat ini dikurangi secara bertahap supaya mengurangi penderita yang bisa menularkan, dan menyembuhkan yang sedang berobat, dan menemukan terduga TB," ujar Dodo.

Menurutnya, selain menemukan terduga, merawat penderita TB sampai sembuh juga merupakan permasalahan yang penting untuk diutamakan. Sebab, tidak semua penderita TB punya kesadaran untuk berobat hingga tuntas.

"Yang sedang berobat juga itu tidak semuanya sampai sembuh atau tuntas, banyak kasus yang hilang atau tidak datang berobat lagi. Jadi, kan, itu gagal (penyembuhannya), bahkan cenderung jadi resisten (kebal obat)" ujar Dodo.

Mereka yang belum tuntas berobat atau belum sepenuhnya sembuh, dikatakan Dodo, bisa menularkan TB. Oleh karena itu, pihaknya mewajibkan masyarakat yang terkena TB bertahan menjalani perawatan di rumah sakit hingga sembuh.

"Kita ingin mereka tidak lagi bolak-balik rumah sakit terus pulang ke rumah berobatnya, tetapi (bertahan) di rumah sakit sampai beberapa bulan sehingga betul-betul tidak menularkan lagi. Kalau datang ke rumah dia sebulan sekali datang berobat, habis itu enggak datang lagi," kata Dodo.

Jabar sendiri telah memiliki tiga rumah sakit rujukan utama untuk TB, antara lain di wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bandung, dan Kota Cirebon.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600