web analytics
Delapan Minuman Elektrolit Sederhana yang Bisa Kamu Buat Sendiri
pada 13 Mar , 2018 | 07:09 WIB
Delapan Minuman Elektrolit Sederhana yang Bisa Kamu Buat Sendiri
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM – Elektrolit punya peran penting untuk kesehatan. Secara alami elektrolit hadir dalam tubuh dalam bentuk kalsium, natrium, dan kalium. Namun, terkadang karena berkeringat, elektrolit tersesat dan hilang.

Elektrolit hilang saat Anda melakukan aktivitas fisik berat. Tubuh juga bakal kekurangan elektrolit saat hamil. Dengan tidak adanya elektrolit, beberapa perubahan tubuh bisa terdeteksi.

Elektrolit berperan mengatur otot, fungsi saraf, menjaga keasaman dalam darah, dan menjaga tekanan darah agar tetap terkontrol. Anda bisa mencoba beberapa minuman elektrolit yang bisa Anda racik sendiri.

Jeruk dan lemon

Jeruk kaya akan vitamin C, dan lemon merupakan sumber elektrolit yang sangat baik. Buah-buah seperti jeruk, jeruk nipis, dan jeruk bali bisa bekerja secara ajaib. Mereka mengandung mineral penting seperti potasium dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau dimakan mentah.

Air garam

Garam dapat membantu menjaga tubuh Anda dengan kekuatan mineral seperti sodium, kalium, magnesium, dan kalsium. Garam adalah bahan aktif yang akan mengisi elektrolit yang hilang dalam tubuh.

Air kelapa

Air kelapa bekerja sebagai minuman pengganti elektrolit. Air kelapa menyegarkan dan memiliki kandungan potasium tingkat tinggi. Mengonsumsi air kelapa bisa jadi cara alami untuk mengisi kembali mineral yang hilang.

Minuman jahe

Setelah berolahraga, Anda cenderung merasa lelah dan ingin mendapatkan kembali energi yang hilang. Jahe adalah minuman yang mampu menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Selain itu, minuman jahe juga membantu mengurangi nyeri otot karena sifat anti-peradangan dan anti-bakterinya.

Jus semangka

Semangka mengandung elektrolit penting yang dibutuhkan untuk fungsi saraf dan kesehatan jantung manusia yang terkuras habis karena keringat. Mengonsumsi jus semangka mampu memperkaya tubuh dengan vitamin dan elektrolit.

Air garam dan gula

Campuran garam, gula, dan air bisa memberikan elektrolit untuk tubuh. Campuran ini berguna karena mampu menghidrasi tubuh dan menggantikan cairan yang hilang selama berkeringat.

Straberry smoothies

Stroberi kaya akan vitamin C, kalsium, potasium, magnesium, vitamin A, dan folat. Buah ini mampu meningkatkan kesehatan jantung, melawan stroke, kanker, dan depresi. Strawberry smoothies mampu menjadi minuman elektrolit yang sempurna.

Air mentimun

Mentimun kaya akan potasium dan magnesium. Air mentimun adalah minuman elektrolit yang mampu memperkuat memori dan melindungi sel saraf. Selain itu, air mentimun juga bisa melawan peradangan, menurunkan risiko kanker, mengatur stres, dan membantu kesehatan pencernaan.

Source: Boldsky

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600