web analytics
KPPS Jabar Beli Saham di BIJB
Oleh Mildan Abdalloh, pada 13 Feb , 2018 | 09:20 WIB
KPPS Jabar Beli Saham di BIJB
Progres pembangunan sisi darat BIJB.(bijb.co.id)
GEDUNG SATE, AYOBANDUNG.COM--Koperasi Konsumen Praja Sejahtera Jawa Barat melebarkan sayap ke bisnis transportasi melalui pembelian saham PT Bandara Internasional Jawa Barat sebesar Rp50 miliar.
 
Pembelian saham bandara oleh koperasi tersebut diklaim  yang pertama di Indonesia.
 
Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan kesepakatan pembelian saham setelah pihak BIJB melayangkan surat agar koperasi menyertakan modal.
 
"Permohonan dari BIJB kami bahas dalam rapat pengurus dan dilaporkan kepada gubernur," tutur Iwa, Selasa (13/2/2018).
 
Pengurus koperasi sepakat untuk menanamkan modalnya dalam pembangunan BIJB sebesar Rp50 miliar dari total kebutuhan Rp2,5 triliun. Dengan demikian, KPPS memperoleh saham sebanyak 2%.
 
"Proses penyertaan modalnya hanya tinggal menunggu surat balasan dari PT BIJB yang akan menjadi dasar penyertaan modal KPPS," katanya.
 
Keputusan pembelian saham BIJB dianggap menguntungkan bagi koperasi yang baru berusia dua tahun tersebut. Bahkan bisa berpeluang untuk melakukan pengelolaan bandara seperti penyediaan jasa cleaning service.
 
Saat ini KPPS memiliki anggota sebanyak 12.800 PNS. Selama ini koperasi tersebut melakukan perputaran uang untuk simpan pinjam sekitar 1.500 PNS. Penyertaan modal dalam BIJB dipastikan Iwa tidak akan mengganggu layanan untuk anggota, mengingat KPPS juga merupakan koperasi investasi.
 
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan kucuran dana dari KPPS bisa menuntaskan pembangunan sisi darat BIJB.
 
Pembelian saham PT BIJB oleh koperasi PNS akan terus ditingkatkan hingga 5% dengan dalam tiga tahun ke depan. Target ini dilihat dari besarnya omzet yang dikelola KPPS sehingga angka Rp125 miliar dianggap memungkinkan. 
 
“Yang sekarang setara 2%, tambahannya masih terbuka. Saya berharap sampai 5%,” tuturnya.
Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600