web analytics
Delapan Faktor Aneh yang Membuat Orang Jatuh Cinta Berdasarkan Penelitian
pada Feb 11, 2018 | 10:22 WIB
Delapan Faktor Aneh yang Membuat Orang Jatuh Cinta Berdasarkan Penelitian
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM – Cinta memang sulit dipahami. Namun, beberapa faktor memungkinkan seseorang buat jatuh cinta.

Ada penelitian psikologis soal perilaku jatuh cinta. Penelitian itu menemukan beberapa mitos dan cerita-cerita klise tentang alasan yang membuat seseorang jatuh cinta padamu.

 

#1 Jika kamu peduli lingkungan

Sebuah studi di tahun 2016 menemukan bahwa pria dan wanita yang membeli rumah ramah lingkungan akan menarik untuk hubungan jangka panjang. Berbeda dengan mereka yang membeli rumah mewah. Mereka hanya dianggap menarik secara fisik dan diingin untuk sebuah hubungan singkat.

#2 Jika kamu sulit didapatkan

Sebuah studi di tahun 2014 menemukan jika pria akan tertarik pada wanita yang bersikap acuh. Perempuan-perempuan jenis ini tampak sulit untuk ditaklukkan. Tapi, temuan ini hanya diterapkan dalam situasi tertentu.

#3 Jika kamu ekspresif

Pada tahun 2011, peneliti melakukan eksperimen pada lebih dari 1.000 orang. Peneliti menunjukkan foto lawan jenis dan menanyakan seberapa menarik orang-orang di foto itu.

Hasil penelitian menunjukkan jika pria lebih memilih wanita atraktif yang terlihat dari wajah ceria dalam foto. Sementara wanita tertarik pada foto pria yang menampilkan kebanggaan dirinya sendiri.

#4 Jika kamu mirip sama mantan pacar

Dalam penelitian di tahun 2011, para peneliti menemukan bahwa pria dan wanita tertarik pada seseorang dengan wajah yang mirip dengan kekasihnya terdahulu.

#5 Jika kamu banyak bergerak

Dalam penelitian di tahun 2016, peneliti mengamati pria dan wanita dalam sesi kencan singkat. Hasil penelitian menunjukkan jika seseorang dua kali lebih mungkin tertarik ketika pasangan memindahkan tangan berkali-kali, dibandingkan kepada pasangan yang hanya duduk, diam, dan kaku.

#6 Jika kamu dan dia saling menatap selama dua menit

Pakar Psikologi dari University of Massachusetts, Joan Kellerman meminta 72 orang untuk berpasangan dan saling menatap satu sama lain selama dua menit. Kemudian, mereka melaporkan adanya peningkatan getaran cinta dan gairah terhadap orang yang ditatapnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Scientific American ini menunjukkan jika kontak mata yang lama dapat meningkatkan getaran dan memicu perasaan cinta untuk orang yang belum pernah ditemui sebelumnya.

#7 Jika kamu memelihara anjing

Dalam eksperimen di tahun 2014, 100 perempuan Israel membikin sketsa tentang pria. Hampir semuanya menggambarkan pria dengan ajing. Kebanyakan perempuan menilai pria pemelihara anjing, atau hewan secara lebih luas, menarik untuk hubungan jangka panjang.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kegemaran memelihara hewan menjadi salah satu indikasi bahwa seseorang memiliki komitmen jangka panjang. Memelihara hewan juga membuat seseorang tampil lebih santai, mudah didekati, dan bahagia..

#8 Jika kamu kurang menarik daripada mereka

Sebuah studi di tahun 1996 meminta peserta untuk melakukan kencan singkat. Perlu diketahui, seluruh peserta hadir dengan daya tarik fisiknya masing-masing. Kemudian, peserta diminta untuk menilai kepuasan mereka dengan pasangannya. Pasangan yang secara fisik cenderung kurang menarik membuat peserta lebih bergairah. Semakin tampan atau cantik seseorang, semakin mereka tidak memuaskan.

Source: Business Insider

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600