web analytics
Segera Berakhir, Ayo Buruan Registrasi Prabayar!
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada Feb 08, 2018 | 10:49 WIB
Segera Berakhir, Ayo Buruan Registrasi Prabayar!
Cara registrasi prabayar.(Kominfo.go.id)

PADANG, AYOBANDUNG.COM—Kementerian Komunikasi dan Informasi meminta pengguna ponsel di dalam negeri agar melakukan registrasi prabayar.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara menegaskan masyarakat yang telah mendaftarkan nomornya sekitar 190 juta nomor prabayar seluler.

Registrasi tersebut gratis tidak berbayar hanya menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (Nomor KK). Registrasi sendiri akan berakhir pada 28 Februari 2018.

Rudiantara menekankan pentingnya registrasi prabayar seluler yang bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan pengguna telekomunikasi.

“Siapa yang belum pernah menerima sms mama minta pulsa, siapa yang belum pernah menerima kredit? kita tidak tahu siapa yang mengirim. Tujuan registrasi nomor untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut jika nanti ada tindakan oleh penegak hukum, akan memudahkan mereka”, ujarnya dalam Forum Literasi Digital Citizenship Untuk Generasi Milenial di Hotel Premier Basco Padang Sumatera Barat, Rabu (7/2/2018), seperti dilaporkan situs resmi Kominfo.

Selanjutnya, Rudiantara kembali memberikan penyadaran pentingnya pemanfaatan media sosial secara bijak. Rudiantara menjelaskan pengguna internet mengalami peningkatan signifikan.

Pada 2016 terdapat 132 juta pengguna, sedangkan akhir 2017 diperkirakan mendekati 140 sampai dengan 150 juta pengguna internet. Data internet terkini sedang digodok oleh APJII. Berapa jumlah pengguna medsos dari pengguna internet tersebut?

“Diperkirakan sekitar 90% pengguna internet adalah pengguna media sosial. Peningkatan pengguna internet dan media sosial tentu harus dibarengi dengan kesadaran bagaimana tools ini dimanfaatkan. Jangan sampai justru menjadi media penyebaran hoaks, yang dapat diartikan berita bohong, berita direkayasa atau fake news dan lain-lain,” tutur Rudiantara.

Rudiantara menceritakan bagaimana sebagai Menteri Kominfo melakukan silaturahmi ke berbagai kalangan khususnya kalangan kerukunan umat beragama.

“Umat Islam mempunyai panduan dari MUI bagaimana umat Islam menggunakan media sosial yang disebut muamalah medsosiah. Demikian juga umat agama lain dari PGI, KWI, kemudian Parisadha Hindhu dan Gema Budha, semua kelompok agama mempunyai panduan bagaimana menggunakan media sosial dengan baik,” tegas Rudiantara.

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600