web analytics
Terlibat Kudeta, 64 Pejabat Turki Divonis Penjara Seumur Hidup
pada Feb 08, 2018 | 09:15 WIB
Terlibat Kudeta, 64 Pejabat Turki Divonis Penjara Seumur Hidup
Ilustrasi. (Antara)

TRUKI, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 64 orang pejabat dan pelatih akademi militer Turki dijatuhi hukuman seumur hidup oleh pengadilan, Rabu (7/2/2018). Mereka didakwa terlibat dalam percobaan kudeta terhadap pemerintah Erdogan pada tahun 2016 lalu 

Kantor berita negara Anadolu menjelaskan, selain memvonis seumur hidup, pengadilan juga membebaskan 100 terdakwa dalam kasus tersebut. 

Para pejabat dan pelatih yang dijatuhi hukuman itu adalah mereka yang terlibat rencana kudeta dan pernah menerbangkan para peserta pelatihan ke sebuah markas militer untuk menghadapi para warga sipil yang menentang percobaan pemberontakan.

Empat dari orang yang divonis mendapat hukuman "seumur hidup yang diperburuk", yaitu hukuman terberat berdasarkan hukum Turki karena jenis hukuman itu mengurangi peluang bagi terpidana untuk mendapatkan pembebasan bersyarat. 

Keempat orang itu dianggap bersalah melakukan upaya menggulingkan ketertiban berdasarkan undang-undang. 

Lebih dari 240 orang, yang sebagian besar di antaranya adalah warga sipil tak bersenjata, terbunuh pada malam 15 Juli 2016. Ketika itu, sekelompok oknum tentara membajak tank-tank dan pesawat tempur dalam upaya untuk menyerang parlemen dan menggulingkan Presiden Tayyip Erdogan. 

Sejak percobaan kudeta, Erdogan telah melancarkan langkah pembersihan, memenjarakan sekitar 50.000 orang dan memecat atau memberhentikan sementara 150.000 pegawai. 

Dalam langkah pembersihan, Turki menutup semua akademi militer serta sekolah-sekolah yang dulu dianggap sebagai pilar negara sekuler.

Pemerintah menyalahkan jaringan Gulen, bekas sekutu Erdogan, yang dianggap menggerakkan percobaan kudeta. 

Fethullah Gulen, yang mengasingkan diri di Pennsylvania, Amerika Serikat, sejak 1999, telah membantah terlibat dalam percobaan kudeta dan justru mengecam tindakan tersebut. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: Antara

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600